PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 2010 - 2020

  1. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2010

ipad

Pada 2010 IPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, CEO dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop).


2. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2011

Ditahun 2011 ini telah berkembang poket komputer yang dapat membantu efektifitas pekerjaan manusia dan fleksibel dibawa kemana saja. Serta hadir juga processor terbaru intel yaitu Intel Core i7 995X Extreme. Kita akan membahas kecanggihannya sebagai berikut :

  • PsiXpda (pocket computer)

PsiXpda-Pocket-Computer-with-optional-3G.jpg

PsiXpda adalah pocket computer [komputer saku] model terbaru. Dirancang dengan desain yang ramping dan mewah, bentuk fleksibel penuh gaya dengan kualitas tinggi dan lebih kuat. PC ini menawarkan fungsionalitas penting, portabilitas dan ketersediaan yang diperlukan. Model Ultra Mobile Pocket Computer (UMPC) yang sekali buka ke atas.

PsiXpda mempunyai kinerja tinggi yang luar biasa, desain indah fully loaded dengan Microsoft Windows XP untuk bisnis dan hiburan di perjalanan, berarti kamu tidak perlu meninggalkan bisnis atau kerjaan di kantor, karena Komputer saku ini bisa di bawa di kantong kamu.

  • WebStationAndroid tablet 7-inci

WebStation-Android1.jpg

Di tahun 2011 juga hadir WebStation Android tablet 7-inci Pertama di dunia versi 1.5, browser dan software. Memiliki sfesifikasi Ukuran 200 x 120 x 14.5mm, tablet sekitar 7-inci, LCD dengan 800 x 480 satu-sentuhan handset Android, WWAN built-in koneksi jaringan 802.11b / g WiFi atau koneksi 3G, Modem USB eksternal, dan memiliki PXA303 processor (624MHz), 128MB RAM.

  • Fujitsu LifeBook UH900 multi-touch PCTerkecil di dunia

fujitsu_lifebook_uh900Overseas Fujitsu LifeBook U / LOOX U serangkaian model-model terbaru, mengeluarkan LifeBook UH900. Windows 7 multi-touch dengan fitur layar sentuh. Bentuk lebih tipis dan ringan dari sebelumnya.

  • Intel Core i7 995X Extreme (Processor Terbaru dari Intel)

intel-core-i7-995x-extreme-edition-akan-dirilis-pada-kuartal-iii-tahun-2011-01

Chip terbaru yang dibangun dengan menggunakan arsitektur 32nm Intel Gulftown dan mengemas tidak kurang dari enam core processing yang didukung oleh keberadaan teknologi Hyper-Threading serta memori 12MB cache L3 yang di-share. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, frekuensi pengoperasian processor ini telah ditetapkan sebesar 3,6GHz dan dapat mencapai maksimum 3,86Ghz dengan pengaktifan Turbo Boost yang ada.


3. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2012

Pada tahun 2012 perkembangan teknologi dibidang komputer berkembang semakin pesat dengan dikembangkannya “komputer kontak lensa”  Komputer kontak lensa adalah komputer yang berukuran sangat kecil dan berbentuk seperti lensa kontak mata manusia sehingga bisa dipakai seperti memakai lensa kontak biasa. Komputer kontak lensa ini merupakan lensa buatan yang dilengkapi dengan diode pancaran cahaya ( light-emitting diode; LED), yaitu komponen elektronik yang dibuat dari bahan semi konduktor jenis diode yang mampu memancarkan cahaya. Komputer kontak lensa ini juga merupakan teknologi nirkabel.

Berbeda dengan fungsi kontak lensa biasanya yang berfungsi untuk memperbaiki pandangan mata, komputer kontak lensa ini akan menampilkan ke dalam pandangan mata pengguna apa yang biasa ditampilkan komputer. Dengan kata lain, tampilan komputer dapat dilihat hanya dengan memakai lensa tersebut. Komputer Kontak lensa merupakan sebuah kontak lensa yang terhubung ke internet dapat membaca langsung informasi yang terhubung dengan internet. Sebuah teknologi masa depan pengembangan prototipe lensa yang memungkinkan pengguna mengetahui informasi terbaru tanpa bantuan tangan.

Komputer kontak lensa merupakan suatu inovasi terbaru dalam bidang teknologi komunikasi yang sedang dikembangkan. Komputer kontak lensa ini diprediksikan akan menggantikan komputer biasa.


4. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2013
  • Meja Komputer Hologram

mh2

Salah satu Teknologi yang mungkin sering kita lihat konsepnya di televisi ataupun video. Sebuah meja dengan kegunaan seperti alat tulis, mengetik, dan berbagai fungsi lainnya.

OXODesk adalah sebuah alat yang berbentuk seperti meja yang memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas di dalam virtual space. Sebenarnya OXO Desk ini hamper mirip seperti tablet computer yang memiliki ukuran HD 40 inci.

  • Portable CPU

2-w1920.jpg

Salah satu produsen computer dan laptop, yaitu ACER beberapa waktu lalu menerbitkan Acer Revo 70, yaitu sebuah CPU yang memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Karena CPU ini diklaim memiliki berat hanya 1kg. Walaupun Acer Revo 70 bisa dibilang portable, namun fiturnya cukup mumpuni. Karena bias dibilang cukup lengkap untuk ukuran portable. Fitur tersebut adalah Gigabit Ethernet, multi-in-one card reader, enam USB 2.0 ports, 802.11 b/g/n WiFi, plus D-Sub, HDMI outputs, VGA port, audio jack, SD card.

  • Computer Radiologi (CR)fuji-fcr

Computer Radiologi (CR) sebagai Teknologi computer terbaru sangat membantu para dokter yang melakukan tes radiologi. Computer Radiologi ini berfungsi seperti kamar gelap (Dark Room) sebagai tempat memproses bayangan laten pada film rontgen menjadi bayangan tampak sehingga nantinya foto rontgen tersebut didiagnosis oleh radiolog.

  • OS Windows 8 Terbaru
    Salah satu teknologi yang baru saja diluncurkan adalah OS Windows 8 yang dikeluarkan oleh Microsoft beberapa waktu lalu. Dalam Windows 8 kali ini, Microsoft mengeluarkan 4 versi berbeda untuk beberapa perangkat. Salah satunya adalah untuk desktop dan Smartphone. OS Windows 8 digadang-gadang memiliki kecepatan melebihi dari OS sebelumnya. Karena Windows 8 diklaim lebih simple, responsive, dan lebih smart. Namun, pada faktanya, masih ada beberapa bug yang ditemukan dalam Windows 8 ini.

5. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2014

Perkembangan teknologi  pada tahun 2014 juga tak kalah menakjubkan. adanya touch user interface yang berbasis indra peraba, serta tak kalah juga  wearable technology yang menambah pesatnya teknologi.

  • No-Touch Interfacesunnamed

Sebuah Touch User Interface adalah teknologi basis komputer pada indra peraba. Pada perkembangan teknologi saat ini banyak User Interface yang di kembangkan seperti Non-Touch Interface, Voice Interface, Graphic Interface, dll. Dimana semua teknologi interface tersebut bergantung pada indra tubuh manusia.

teknologi tersebut juga dapat menjadi fasilitator untuk menjembatani kesenjangan digital. Mereka yang memiliki persyaratan khusus dapat menggunakan sentuhan dengan jari atau pointer untuk mendapatkan akses ke lingkungan digital. Mengetik, saat ini metode tradisional untuk mengakses dunia digital, dapat diganti bagi pengguna yang jari hilang atau tidak mampu mengetik.

  • Wearable Technology

wearable-tech.png

Istilah “Wearable Technology” mengacu pada teknologi elektronik atau komputer yang dimasukkan ke dalam item pakaian dan aksesoris yang dapat nyaman dikenakan pada tubuh. Dapat dipakai perangkat ini dapat melakukan banyak tugas komputasi yang sama seperti ponsel dan komputer laptop, namun dalam beberapa kasus, perangkat dpt dipakai bisa mengungguli perangkat genggam ini sepenuhnya. Teknologi dapat dipakai cenderung lebih canggih daripada teknologi genggam di pasar saat ini karena dapat memberikan sensorik dan scanning fitur tidak biasanya terlihat pada ponsel dan laptop perangkat, seperti biofeedback dan pelacakan fungsi fisiologis.

  • Large Cloud Services

cloud_securit_100005905_large

Cloud Sevice adalah komputasi yang melibatkan sejumlah besar komputer yang terhubung melalui komunikasi jaringan seperti internet , mirip dengan utilitas komputasi . Dalam ilmu, Cloud Service adalah sinonim untuk komputasi terdistribusi melalui jaringan, dan sarana kemampuan untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi pada banyak komputer yang terhubung pada waktu yang sama.


6. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2015

Perkembangan komputer di tahun 2015 mengalami kepesatan yang sangat luar biasa dimana bermunculan banyak komputer-komputer terbaik dan tercanggih di dunia.

  • Komputer Kuantum

151208-nasa-03-100632100-primary-idge

Komputer ini merupakan Super computer yang menggunakan prinsip “fisika Kuantum”. Kabarnya komputer ini akan di install di fasilitas Badan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) dan akan di gunakan bersama Google NASA dan para ilmuan.
Menggunakan Processor D-Wave Two yang memperlihatkan pemanfaatan efek yang di sebut dengan Terowongan Kuantum. Membuat super Komputer ini dapat memecahkan beberapa jenis masalah matematika hanya sepersekian detik.
Komputer kuantum tidak menggunakan Bits tetapi GuBits(Quantum Bits) Akses kecepatan dari super komputer ini 3.600 kali lebih cepat dari komputer konvesional.

  • IBM Sequioa

sequoia6-1000pix

Sequioa di kabarkan menjadi super computer tercepat setelah mengukir kecepatan processing 16,32 petaflop/s.Sequioa-10 teknologi komputer tercanggih di dunia saat ini

  • Jaguar

800px-jaguar_petascale_supercomputer.jpg

Jaguar merupakan super komputer yang di bangun di perusahaan pembuat super computer di laboratorium Oak Ridge di Oak Ridge, Tennessee, Amerika Serikat oleh Cray. Kecepatan dari jaguar adalah 1,75petaflops/s. Jaguar pernah menjadi super komputer tercepat di dunia pada Nopember 2009 hingga Juni 2010.
Jaguar bersistem operasi Cray Linux Environment dengan prosesor x86-based AMD Opteron yang berjumlah 224.256 unit dan memori sebesar 8 GB. Sedangkan besaran keseluruhan memori yang digunakan mencapai 360 TB. Sedangkan besaran penyimpanannya mencapai 10 petabytes.

  • IBM Roadrunner

800px-Roadrunner_supercomputer_HiRes.jpg Dikembangkan oleh IBM di laboratorium Nasional Los Alamos, Meksiko baru, Amerika serikat denga biaya 133 juta Dollar Amerika. Kecepatan tertinggi komputer super ini 1,456 petaflops yang terjadi pada November 2008.
Salah satu yang membuatnya unik, IBM Roadrunner memiliki rancangan prosesor hybrid dengan melibatkan 2 prosesor, yaitu IBM PowerXCell 8i sebanyak 12.960 unit dan AMD Opteron dual-core sebanyak 6.480 unit. Super komputer ini memiliki sistem operasi Red Hat Entreprise Linux.

  • Super MUC

img_supermuc_rendering

Super MUC dapat mencapai kecepatan 3 petaflops, super computer ini disebut- sebut sebagai komputer tercepat di Eropa. Super MUC merupakan produksi asal Jerman yang di kembangkan Leibniz-Rechentrum di kota Munich.
Sistem SuperMuc akan menggunakan 18.432 prosesor Intel Xeon Sandy Bridge-EP dan berjalan di server IBM System x iDataPlex. Komputer super ini juga memakai teknologi cooling terbaru di IBM bernama Aquasar yang menggunakan air panas untuk mendinginkan prosesor.

  • Dawning Nebulai

6a00d834515fca69e20134838e3333970c

Merupakan super computer yang di kembangkan di china dan di gunakan National Supercomputing Centre in Shenzhen (NSCS). Dawning TC3600 Blade System, Xeon X5650 6C 2.66GHz, Infiniband QDR, NVIDIA 2050. pembuatan super komputer ini pada tahun 2010 Jumlah Core 120640 OS yang di gunakan Linux, jumlah daya sebesar 2,6 juta watt.


7. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2016
  • Smartphone sebagai komputer

continuum-for-phones-main

Smartphone saat ini mempunyai berbagai fitur yang bisa langsung dimanfaatkan. Bahkan kini, Microsoft mempunyai terobosan baru dengan peluncuran Windows 10. Berkat keberadaan sistem operasi terbaru itu, sebuah smartphone Windows 10 pun bisa pula dijadikan sebagai komputer. Dan fitur yang satu ini oleh Microsoft disebut dengan nama Continuum.

  • Komputer hologram Hololens

hololens-4 (1).jpg

Teknologi augmented reality sudah dikembangkan cukup lama. Dan pada tahun 2015 lalu, Microsoft membuat terobosan teknologi terbaru komputer dengan meluncurkan Hololens. Komputer yang satu ini bentuknya seperti sebuah kacamata. Dan berbeda dengan komputer biasa, Hololens merupakan sebuah komputer holografik yang bisa menampilkan objek dalam bentuk tiga dimensi.

  • Komputer tanpa keyboard dan mouse

images

Di era canggih seperti saat ini, komputer bisa pula dijalankan dengan tanpa keyboard ataupun mouse. Seperti sebuah penemuan teknologi terbaru komputer oleh HP bernama Sprout PC. Perangkat ini memanfaatkan sebuah teknologi baru yang disebut HP bernama Touch Mat yang dikombinasikan dengan kamera RealSense 3D dari Intel. Touch Mat pun berperan sebagai pengganti keyboard serta mouse yang biasa dijumpai pada komputer.

Kesimpulan : Dengan semakin berkembang dan canggihnya teknologi komputer, kita harus menyikapinya dengan mengambil sisi positif yang dapat memudahkan kita dalam bekerja di berbagai bidang. Dengan adanya komputer pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.

 

8. Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2017

  • Virtual Reality dan Augmented Reality

Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) memang marak diperkenalkan kepada konsumen tahun lalu dan penggunaannya terus meluas pada 2017. Hal itu tak lepas dari peran berbagai perusahaan yang merilis aplikasi, perangkat, dan gim dengan teknologi ini.

Tahun 2017 diramalkan akan menjadi kunci bagi pengembangan VR dan AR. Apalagi, kini makin banyak perusahaan yang memantapkan diri mengembangkan teknologi ini lebih serius.

Penggunaannya pun tak cuma untuk gim, VR dan AR bisa dipakai dalam berbagai hal, misalnya memasarkan sebuah produk melalui pengalaman di dunia maya menggunakan VR. Sementara, AR bisa dipakai untuk mendukung bisnis digital seperti e-commerce dan masih banyak lainnya.

  • Messaging Apps

    Meluasnya penetrasi smartphone ditambah lancarnya koneksi internet membuat orang semakin rajin menggunakan paket data untuk berbagai kebutuhan. Bahkan salah satu operator telko beberapa waktu lalu menyebut bahwa layanan seperti SMS dan panggilan telepon trafiknya menurun dibandingkan tahun 2015. Sementara, konsumsi data justru naik signifikan.

    Peningkatan penggunaan data terjadi karena pengguna mengakses aplikasi digital, salah satunya aplikasi pesan (messaging apps). Tak heran jika aplikasi pesan dianggap jadi tren teknologi tahun 2017. Terlebih lagi, aplikasi pesan kini tak hanya dipakai untuk chatting, tetapi juga berbelanja, baca berita, bermain gim, menonton video, membeli pulsa, dan banyak hal lainnya.

    • e-Commerce

      Indonesia sedang gencar mengembangkan perekonomian warga melalui ekonomi digital, e-commerce adalah salah satu bagian ekonomi digital.

      Saking yakinnya, pemerintah punya visi menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan valuasi US$ 130 miliar atau sekitar Rp 1.756 triliun. Keseriusan pemerintah memajukan e-commerce dibuktikan dengan kebijakan peta jalan (roadmap) e-commerce.

      Saat ini, dengan e-commerce, pengguna bisa melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertatap muka atau pergi ke mall maupun pasar tradisional. Cukup dengan membuka aplikasi di smartphone, orang bisa membeli berbagai hal yang diinginkan, termasuk membeli jasa. Dibarengi dengan transaksi elektronik, semuanya jadi lebih mudah dan menjanjikan. Tak heran jika e-commerce dianggap jadi masa depan bagi dunia teknologi.

9.Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2018

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Ilustrasi kecerdasan buatan. Clearbridge Mobile

Gartner, firma riset global, menyebut 59 persen organisasi sedang mengumpulkan informasi untuk membangun kecerdasan buatan mereka sendiri. Harapannya, teknologi ini bisa meningkatkan pengambilan keputusan, pengalaman pelanggan, dan menemukan model bisnis lain. Intinya: memajukan sebuah badan. Gartner memprediksi akan lebih banyak mesin pintar, robot, kendaan mandiri, dan smart advisors.

. Aplikasi Pintar dan Analisis

Intelligent Apps. delaware.pro

Hal ini masih berkaitan dengan kecerdasan buatan. Setiap perangkat pintar, baik itu smartphone, laptop, maupun wearable device, diprediksi akan disematkan aplikasi pintar yang menggunakan chipset artificial intelligence. Aplikasi pintar ini mungkin akan menjadi bagian dari hidup kita. Keberadaan sederet aplikasi pintar berpotensi mengubah kultur kantor dan pekerjaan sehari-hari.

. Perangkat Pintar

Drone untuk layanan taksi terbang terlihat di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin 25 September 2017. Kredit: Reuters

Speaker pintar, drone, mobil swakemudi dan smart television merupakan contoh dari perangkat pintar (intelligence things). Seperti aplikasi pintar, teknologi ini memanfaatkan kecerdasan buatan dan mesin pembelajaran (machine learning) untuk pengoperasiannya. Dan pada 2018, perangkat pintar tampaknya akan semakin populer. Bahkan, banyak analis teknologi meramalkan kelahiran perangkat yang bisa beroperasi tanpa bantuan manusia.

. Paduan Komputasi Cloud-Edge

18.1_itempo_cloud

Gartner memprediksi pada 2020 akan ada 26 miliar perangkat teknologi yang akan terhubung melalui jaringan Internet. Namun, di satu sisi, komputasi awan (cloud) sudah tak mampu lagi mengatasi beban pusat data, khususnya soal kecepatan, keamanan, kapasitas, jaringan, dan manajemen data. Karena itu, dibutuhkan pengembangan baru, yakni edge computing.

Teknologi ini merupakan gabungan dari cloud dan sistem pengiriman (edge). Paduan ini akan memberikan model pengiriman data lebih efisien dan menjadikannya lebih aman.

. Admin Virtual

Conversational System. converge.xyz

Pernahkah Anda bingung saat menemui masalah pada ponsel tapi layanan call center 24 jam tidak ada yang mengangkat? Teknologi ini dibangun untuk memecahkan masalah tersebut. Teknologi tentunya berbasis kecerdasan buatan, yang berarti akan memangkas biaya dan jauh lebih efisien. Dan, mungkin saja, ke depannya "admin virtual" ini bukan sekadar teks, tapi berbentuk avatar yang bisa diajak berbicara langsung.

. Pengambil Keputusan Bisnis

Dengan majunya kecerdasan buatan ditambah sistem jaringan yang luas, banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk mengambil keputusan binis (event-driven). Teknologi kecerdasan buatan kerap digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih akurat.

. Blockchain

Blockchain. circleup.com

Anda bisa membayangkan blockchain sebagai buku besar yang ditempatkan di sebuah ruang terbuka dan bisa dibuka oleh siapa saja. Sepanjang 2017, blockchain biasanya digunakan untuk mencatat transaksi di dalam jaringan bitcoin. Tahun depan, blokchain diprediksi akan mencakup database, keamanan, analisis, manajemen moneter, dan identitas. Namun, lantaran legalitasnya masih dipertanyakan, bisa saja teknologi ini belum dipakai di banyak negara.

. Keamanan Berbasis Kecerdasan Buatan

Pengembangan teknologi kecerdasan buatan harus diimbangi dengan sistem keamanan cerdas pula. Kalau tidak, nama saja bunuh diri. Teknologi continous adaptive risk and trust assasment (CARTA) bisa jadi salah satu jalan. Tingkat keamanan kecerdasan buatan ini bahkan bisa memantau dan menganalisis keamanan dalam waktu sepersekian detik sebelum serangan terjadi.

. Digital Twins

Digital Twin. beyondplm.com

Kecerdasan buatan juga bisa lahir secara kembar. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah operasional digital yang memuat miliaran lalu lintas data dalam tiap detiknya.

10 .Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2019

Layanan 5G

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019techspot.com

Teknologi pertama yang paling populer adalah 5G atau fifth generation of wireless technology (teknologi nirkabel generasi kelima). Ketika menggunakan layanan tersebut, semua koneksi internet dan telepon akan jauh lebih cepat dan stabil.

Teknologi ini memang telah diciptakan tahun ini, tetapi karena belum sepenuhnya rampung, tak bisa digunakan dulu. Namun menurut prediksi dari berbagai sumber, kita akan bisa menikmatinya di smartphone dan gadget baru yang rilis tahun depan.  

 Foldable smartphone

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019komando.com

Foldable smartphone atau ponsel layar lipat akhirnya terwujud di tahun 2019. Kamu mungkin mengira bahwa perusahaan pertama yang membuatnya adalah Samsung. Namun ternyata bukan. Royole, brand asal Tiongkoklah yang pertama merilis foldable smartphone. 

Terlepas dari itu, inovasi ini akan menjadi tren baru yang mengubah dunia gadget. Sudah cukup banyak perusahaan yang mengembangkan foldable smartphone. Termasuk Samsung, LG, Huawei, Oppo, Motorola, dan bahkan Apple.

 Spot Robot

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019ieee.org

Juni lalu, Boston Dynamics merilis robot terbaru mereka, yakni Spot Robot. Bentuknya memang aneh, yaitu seperti anjing tanpa kepala. Teknologi tersebut diciptakan untuk berbagai hal, tapi yang paling utama adalah untuk membantu navigasi. Ia dapat disuruh untuk pergi ke mana pun, menghindari segala rintangan di jalan, dan bahkan bisa menarik kendaraan yang mogok. Multifungsi, kan?


Google Stadia

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019vortex.cz

Stadia adalah sebuah layanan streaming game yang baru dirilis pada November lalu. Tak hanya itu, produk keluaran Google tersebut juga memiliki wujud berupa controller yang hanya perlu disambungkan ke smart TV, laptop, dan gadget lainnya. Melalui inovasi ini, Google ingin mengalihkan video game ke layanan berbasis cloud. Jadi, kamu bisa streaming game di mana pun dan kapan pun tanpa perlu install lagi.

Biohacking pada manusia

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019medium.com

Biohacking atau DIY biologi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan percobaan sains kepada organisme tertentu. Sebenarnya istilah tersebut telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu. Namun di tahun 2019 ini, biohacking kembali melejit karena banyak orang yang melakukannya pada dirinya sendiri.

Terdapat beberapa contoh dari biohacking. Pertama, tim dari Cyborg Nest pernah menanamkan kompas di bawah kulit untuk memberi tahu mata angin. Kemudian ada pula biomagnet, yaitu memasukkan magnet kecil berbentuk silinder ke dalam jari. Ini akan membuat kita dapat menarik logam. 

Komputer quantum

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019aolcdn.com

Komputer quantum adalah teknologi yang sangat dikembangkan pada tahun ini, terutama oleh IBM dan Google. Ini merupakan jenis komputer yang sangat cepat dan diprediksi dapat mengerjakan semua hal yang kompleks. Dengan segala kecanggihannya, komputer quantum akan mengubah berbagai aspek kehidupan kita. 

 AR dan VR

Mengubah Kehidupan, Ini 7 Inovasi Teknologi Paling Canggih di 2019forbes.com

Kedua teknologi ini memang tidak diciptakan di tahun 2019. Namun kamu bisa amati bahwa baik AR dan VR sangat banyak dikembangkan di akhir dekade ini. AR mulai dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Contohnya, filter Instagram, teknologi untuk belanja, dan bahkan sebagai bahan edukasi.

Begitu pula VR. Kita bisa menggunakannya untuk bermain game, belajar, untuk dunia medis, dan bahkan latihan militer. Keduanya akan terus berkembang dan semakin banyak digunakan ke depannya.

11 .Pekembangan teknologi komputer pada tahun 2020

Kecerdasan Buatan (AI)

Tidak dapat kita pungkiri bahwa teknologi yang satu ini sejak awal kemunculannya telah memberikan dampak yang tidak dapat diremehkan. AI telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari.

Tren teknologi di 2020 seperti AI menjadi teknologi yang kini tengah populer. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh pertumbuhan ekosistem perangkat, seperti Siri, Alexa, dan juga Google Assistant.

Di tahun 2020, emotion recognition serta computer vision diharapkan akan terus berkembang. Sedangkan AI mulai digunakan dalam bidang manufaktur.  

Internet of Things (IoT)

Tren teknologi di 2020 yang lainnya adalah IoT. Teknologi IoT ini tampaknya akan mengalami sebuah peningkatan berkat kemunculan 5G.

Dari jumlah perangkat yang telah terhubung, aplikasi IoT utama diharapkan akan semakin mengalami perkembangan.

Teknologi IoT serta machine vision telah digunakan pada beberapa perangkat, seperti Amazon Go. Contoh semacam inilah yang membuat tren teknologi di 2020 semakin meningkat.

Selain itu, beberapa startup seperti Accel Robotics, Grabango, Standard Cognition, Trigo, serta AiFi telah menyediakan layanan serupa dengan Amazon Go. Dari sinilah sudah tentu terlihat bagaimana perkembangan teknologi IoT sekarang.

Tren teknologi harus kita sikapi dengan sangat bijaksana. Jangan sampai kita menggunakannya hingga menimbulkan dampak yang merugikan bagi diri sendiri maupun orang banyak.

Sebagai manusia cerdas, kita harus turut mendukung adanya perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada. Pemikiran optimis mengenai perubahan besar yang akan terjadi menimbulkan dampak yang baik harus kita tanamkan.

Pemrosesan Komputer

Jika tren teknologi di 2020 seperti teknologi sensor serta AI semakin mengalami peningkatan, maka sudah pasti dibutuhkan lebih banyak data.

Selain itu, juga perlu dilakukan pengambilan keputusan tanpa mengirim data ke cloud. Dalam mendukung kecanggihan dan kehebatan tersebut, maka diperlukan sebuah chip AI yang memiliki performa tinggi.

Sebuah chip AI telah berkinerja tinggi yang dikenal sebagai chip neuromorfik atau sebuah otak yang meniru struktur otak serta memproses algoritma AI teratas. Fakta ini sangat menakjubkan bagi bukti tren teknologi tahun ini.

Telah kita ketahui bersama bahwa 5G memiliki kemungkinan untuk membuat internet yang lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi 4G. Pastinya anda sudah tidak sabar lagi bukan, untuk menantikan teknologi 5G ini?     

Kendaraan Otomatis

Jika membicarakan tren teknologi, maka kendaraan otomatis ini tampaknya akan semakin populer. Terdapat beberapa contoh kendaraan otomatis seperti mobil Tesla yang mempunyai fitur atau mode autopilot di jalan raya.

Namun hal ini kemungkinan hanya mencapai level 2 dengan mengemudi atau di level 3 yang dioperasikan pengemudi dalam kondisi darurat. Tidak perlulah kita terheran-heran sekarang.



SUMBER:

  • https://tsaninisablog.wordpress.com/2017/02/20/perkembangan-teknologi-komputer-sejak-tahun-2010-sampai-sekarang/
  • https://www.liputan6.com/tekno/read/2900003/deretan-teknologi-ini-bakal-jadi-tren-di-tahun-2017
  • https://tekno.tempo.co/read/1045349/10-tren-teknologi-2018-semua-tentang-kecerdasan-buatan/full&view=ok
  • https://www.idntimes.com/tech/gadget/izza-namira-1/inovasi-teknologi-paling-canggih-tahun-2019-ini/7
  • https://www.harapanrakyat.com/2020/01/tren-teknologi-di-2020/

     

Nama : Sayid Khairul Muklis 

Kelas : 11.1B.12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL MENGENAI PERANGKAT LUNAK

Peranan Aplikasi Dan Peranan TIK Di Berbagai Bidang

Etika Penggunaan Teknologi Informasi & Komunikasi