ARTIKEL MENGENAI PERANGKAT LUNAK

Sistem Operasi


Pengertian Sistem Operasi
pengertian sistem operasi, via canva.com

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi atau biasa disingkat OS adalah system software yang melakukan kontrol manajemen perangkat keras dan fungsi dasar sistem di dalam komputer.

OS juga bekerja untuk menjalankan perangkat lunak seperti aplikasi atau program yang terinstal di dalamnya. Melalui sistem operasi, sebuah komputer bisa dijalankan oleh manusia.

Secara umum, sistem operasi adalah software pertama yang diinstal pada memori komputer setelah proses booting.

Sementara program atau aplikasi lainnya baru bisa diinstal jika sistem operasi sudah terpasang. Layanan inti sebuah OS adalah memberi tampilan antar muka pengguna (user interface), memberikan akses ke disk, manajemen ruang penyimpanan serta penjadwalan tugas.

Tanpa adanya sistem operasi, sebuah komputer hanya akan menyala tanpa bisa diberi perintah yang beragam.

Misalnya Anda membeli sebuah laptop yang belum diinstal OS, hal yang bisa Anda lakukan hanyalah menghidupkan dan mematikan laptop saja.

Fungsi Sistem Operasi

fungsi sistem operasi, via canva.com

Sistem operasi memiliki fungsi inti dari sebuah komputer. Fungsi inti inilah yang akan mengintegrasikan seluruh sumber daya yang ada dalam komputer.

Mulai dari hardware hingga software. Berikut akan dijelaskan beberapa poin tentang fungsi sistem operasi.

1. Manajemen Sumber Daya Komputer

Sistem operasi dapat mengatur waktu sebuah aplikasi yang dijalankan, membagi penggunaan CPU saat apliaksi berjalan bersamaan, memberi akses pada disk, dll.

2. Tampilan Antar Muka (Interface)

Memberikan tampilan antar muka yang mudah untuk dipahami. Sehingga Anda tidak perlu memasukkan perintah yang rumit untuk menjalankan hardware atau software di komputer.

3. Koordinasi

Sistem operasi akan mengatur seluruh kegiatan yang kompleks dari berbagai perangkat lunak di dalamnya agar berjalan sesuai dengan urutan yang tepat.

OS juga mengatur setiap kegiatan yang berhubungan dengan perangkat keras yang terhubung.

4. Pelindung File

Sebuah file sistem yang mengalami kerusakan atau hilang, dapat dipastikan bahwa komputer tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Begitu juga sebuah aplikasi, jika ada file yang error, aplikasi tersebut akan berjalan tidak normal. OS melindungi file-file tersebut dengan membatasi akses dan melakukan perubahan.

5. Penerjemah

Sistem operasi bisa dikatakan sebagai penghubung antara komputer dan manusia. Komputer beroperasi dengan bahasa pemrograman yang sangat rumit, OS hadir sebagai penerjemah sehingga pengguna dapat mengoperasikan komputer dengan mudah.



Jenis-jenis Sistem Operasi

macam macam sistem operasi, via canva.com

Saat ini ada jenis sistem operasi yang di desain dan diperuntukkan untuk keperluan desktop dan untuk mobile seperti tablet dan smartphone.

Sistem Operasi untuk Desktop:

Berikut adalah jenis-jenis sistem operasi yang digunakan untuk perangkat komputer atau laptop:

1. Microsoft DOS

Ms DOS merupakan generasi pertama sistem operasi besutan Microsoft. OS ini banyak digunakan oleh komputer dari IBM-PC dan dirilis pada tahun 1981.

User Interface dari sistem operasi ini masih berupa tulisan tanpa adanya gambar yang sekarang dikenal dengan istilah Command Prompt.

2. Windows

OS Windows adalah penerus dari Microsoft DOS dengan tampilan yang sudah memiliki gambar atau GUI (Graphical User Interface).

Dengan adanya tampilan grafik tersebut, pengguna akan jauh lebih mudah dalam mengoperasikan komputer.

3. Macintosh atau MAC OS

Macintosh (MAC) adalah sistem operasi yang dibuat eksklusif hanya untuk perangkat Apple saja.

Mulai dikembangkan pada tahun 1984 untuk proyek bernama LISA yang tidak lain adalah nama putri kandung pendiri Apple, Steve Jobs.

Sama seperti windows, MAC juga telah mengeluarkan beberapa versi hingga saat ini.

4. Linux

Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Artinya, pengguna bebas untuk mengembangakn sistem operasi ini sesuai dengan kebutuhannya.

Tentu hal ini menjadi favorit bagi para pengembang mandiri, karena dengan linux mereka bisa mengubah, menambah atau mengurangi sistem di dalamnya.

5. UNIX

Hampir sama dengan sistem operasi pada DOS, OS ini merupakan OS lawas. Memiliki beberapa versi yang sempat dirilis di publik secara gratis.

OS ini juga terbilang cukup aman dan susah terkena virus. Meski begitu, UNIX sudah mulai ditinggalkan dan belum mampu menandingi kelebihan dari OS lainnya.

Sistem Operasi untuk Mobile

Untuk versi smartphone, berbagai sistem operasi pernah dirilis dan hanya beberapa yang masih bertahan hingga saat ini.

1. Android

Sistem operasi ini digunakan oleh sebagian besar smartphone yang ada di pasaran. Awalnya OS ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc. yang akhirnya dibeli oleh Google.

Ciri utama dari Android yaitu pemberian nama OS berupa camilan manis di setiap versi terbarunya. Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari Linux.

Android muncul dengan versi 1.0 tanpa adanya embel-embel nama makanan di belakangnya. Versi selanjutnya adalah 1.5 dan mulai menggunakan nama Cupcake sebaga nama versi.

Hingga akhirnya yang teranyar adalah Android 10 (tahun 2019) yang sudah jauh berkembang dengan berbagai fitur di dalamnya.

2. iOS

Sebelum adanya android, Apple lebih dulu memperkenalkan sistem operasi untuk perangkat mobilenya bernama iOS.

Jika Macintosh adalah OS untuk perangkat komputer milik Apple, iOS hadir khusus untuk perangkat mobile mereka seperti iPhone dan iPad. Perkembangan selanjutnya, OS ini juga dijalankan pada perangkat Apple TV.

3. Symbian

Anda pernah menggunakan ponsel genggam pada tahun sebelum maraknya HP berteknologi touchscreen, Anda pasti akan menjumpai nama-nama besar seperti Nokia, Sony Ericson dan Siemens.

Merk-merk besar tersebut menggunakan sistem operasi symbian dalam perangkatnya. Namun, OS ini kian ditinggalkan setelah mucnulnya Android, iOS dan Windows Phone.

4. Windows Phone

Windows Phone atau yang sebelumnya disebut Windows Mobile merupakan sistem operasi yang dikembangkan Microsoft untuk dijalankan pada perangkat smartphone.

Nokia sempat menggunakan OS ini, namun tidak terlalu berhasil karena dominasi Android dan iOS yang kian tak terbendung hingga kini.

5. Blackberry OS

Sama dengan Apple, Blackberry hadir cukup eksklusif dengan beberapa layanan dan juga sistem operasi milik mereka sendiri.

Pada masanya, memang perangkat Blackberry adalah salah satu perangkat yang sangat populer. Bisa dikatakan menjadi perangkat peralihan antara model seluler lama era Nokia dengan ponsel terbaru milik Samsung.

https://www.selamatpagi.id/pengertian-sistem-operasi/


Text Editor

Pengertian Text Editor

Text editor adalah program pengolah kata apa pun yang dapat Anda gunakan untuk mengetik dan mengedit teks berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

Dalam dunia programming (baca pengertian programming disini), teks atau text editor menjadi tools atau alat yang sangat berguna karena tergantung pada modul pra-instal di dalamnya.

Mereka dapat membantu Anda dengan sintaks bahasa apa pun yang sedang Anda kerjakan, atau secara otomatis melengkapi nama metode dan deklarasi untuk Anda.

Word Pad dan NotePad untuk Windows, SimpleText dan TextEdit untuk Mac adalah contoh aplikasi teks editor yang umum.

Apa itu Editor Teks?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan editor teks ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam pengertian text editor di atas, ini lebih dikenal dengan istilah kata text editor ketika masuk ke dunia pemrograman serta dalam istilah global.

Editor teks adalah program yang memungkinkan Anda untuk membuka, melihat, dan mengedit file teks biasa.

Secara umum, editor mengacu pada program apa pun yang mampu mengedit file (baca pengertian file disini).

Contoh yang baik adalah editor gambar, seperti Adobe Photoshop, dan editor suara, seperti Audacity.

Istilah editor umumnya digunakan untuk merujuk ke editor teks, yang merupakan program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau memanipulasi file komputer teks biasa.

Mereka sering digunakan di bidang pemrograman komputer.

Program yang lebih besar seperti Microsoft Word dan Word Perfect juga sering disebut sebagai text editor, tetapi mereka memiliki lebih banyak fitur.

Anda benar-benar dapat menulis kode HTML dan membuat halaman HTML (baca selengkapnya tentang pengertian HTML disini) dengan teks atau text editor sederhana, selama Anda tahu sintaks HTML yang benar.

Teks atau text editor berbeda dengan pengolah kata (yang lebih dikenal dengan word processor), editor teks tidak menambahkan pemformatan ke teks, melainkan berfokus pada fungsi pengeditan untuk teks biasa.

Apa itu Rich Text Editor?

Kemudian, ada juga istilah dan sebutan rich text editor. Ini adalah alat yang terdapat pada sebagian besar area sistem di mana teks dapat dimasukkan, Anda dapat mengontrol tampilan teks Anda menggunakan editor kaya teks.

Rich text editor kadang-kadang juga disebut dengan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get atau Apa yang Anda Lihat Adalah Apa yang Anda Dapatkan).

Toolbar rich text biasanya memiliki ikon untuk mengedit dan memformat teks Anda.

Anda dapat menggunakan editor teks kaya untuk memasukkan gambar, tautan, audio dan video serta teks.

Editor kaya teks atau rich text editor didasarkan pada aplikasi sumber terbuka yang disebut CKEditor.

Sejarah Text Editor (Editor Teks)

Ilustrasi Gambar Sejarah Teks Atau Text Editor Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Pengedit Teks
Ilustrasi Gambar Sejarah Teks Atau Text Editor Serta Tujuan Dan Fungsinya Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Pengedit Teks

Agar lebih memahami tentang pengertian dan arti dari istilah text editor, pastinya kita juga harus mengetahui paling tidak sedikit hal terkait sejarahnya bukan?

Benar, sebelum teks atau text editor ada, teks komputer dimasukkan ke dalam kartu dengan mesin Keypunch.

Keypunch machine adalah kotak-kotak fisik dari kartu-kartu kardus tipis ini kemudian dimasukkan ke dalam card-reader.

Pita magnetik dan file disk “card-image” yang dibuat dari dek kartu seperti itu sering tidak memiliki karakter pemisahan garis sama sekali, dan mengasumsikan catatan 80 karakter dengan panjang yang sama.

Text editor pertama adalah “editor line atau baris” yang berorientasi pada terminal gaya teleprinter atau mesin ketik tanpa tampilan.

Ketika terminal komputer dengan layar video menjadi tersedia dan dapat digunakan, teks atau text editor berbasis layar (kadang-kadang disebut hanya “screen editor”) menjadi umum.

Salah satu editor full screen (layar penuh) paling awal adalah O26, yang ditulis untuk konsol operator komputer seri 6000 CDC pada tahun 1967.

Editor layar penuh lainnya adalah vi. Ditulis pada tahun 1970-an, ini masih merupakan editor standar pada sistem operasi Unix dan Linux.

Juga, yang ditulis pada tahun 1970-an adalah UCSD Pascal Screen Oriented Editor, yang dioptimalkan baik untuk kode sumber indentasi maupun teks umum.

Emacs, salah satu proyek software (perangkat lunak) bebas dan sumber terbuka pertama yang merupakan editor full screen atau real-time lainnya.

Kemudahan penggunaan dan kecepatan editor layar penuh (dibandingkan dengan editor berbasis baris atau lini) memotivasi banyak pembelian awal terminal video.

Struktur data inti dalam text editor adalah struktur yang mengelola string (urutan karakter) atau daftar catatan yang mewakili status file yang sedang diedit.

Sementara yang pertama dapat disimpan dalam satu bentuk “array” karakter yang panjang berturut-turut, keinginan untuk text editor yang dapat lebih cepat menyisipkan teks, menghapus teks, dan me-undo (membatalkan) atau me-redo (mengulang) suntingan sebelumnya menyebabkan pengembangan struktur data urutan yang lebih rumit.

Pengolah kata non-WYSIWYG, seperti WordStar, terbilang lebih mudah digunakan sebagai teks editor biasa, dan sudah umum digunakan pada tahun 1980-an.

Format file default dari pengolah kata ini biasanya menggunakan bahasa markup, dengan format dasar berupa teks biasa dan format visual yang dibuat menggunakan karakter kontrol.

Teks editor digunakan hingga sekarang ini terutama di tahun 2020, baik untuk menulis kode atau untuk mengedit teks lainnya pada file.

Tujuan dan Fungsi Teks atau Text Editor

Dalam membahas mengenai apa itu text editor, adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk mjuga menjelaskan apa sebenarnua tujuan dan fungsinya sendiri.

Memang, sudah merupakan hal yang jelas bahwa tujuan utamanya adalah untuk mengedit teks. Namun, mengapa ada editor teks ketika kita memiliki word processor (pengolah kata) atau IDE dan lainnya?

Ya, jawabannya adalah karena text editor bekerja pada teks biasa. Mereka tidak peduli tentang pemformatan dan elemen gaya lainnya.

Tujuan teks atau text editor adalah untuk melakukan pengeditan pada teks. Program komputer, halaman website (baca pengertian website disini), aplikasi, dan banyak hal hebat lainnya dibuat dari teks.

Editor teks juga populer untuk penulis yang tidak ingin mengambil risiko vendor lock-in.

Kemudian, untuk fungsinya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa teks atau text editor menyediakan perintah menu file standar untuk membuat file teks baru, membuka, menutupnya, serta menyimpannya kedalam bentuk file yang biasanya berekstensi .txt.

Menu edit berisi fungsi untuk memotong, menyalin, dan menempelkan teks, selain untuk menemukan dan mengganti untuk menemukan string teks.

Selain itu, Anda juga dapat menjalankan dialog font (baca pengertian font disini) standar dengan mengklik format kemudian gaya huruf.

Jenis-Jenis Text Editor

Gambar Jenis Jenis Text Editor Dan Fiturnya Dalam Membahas Pengertian Pengedit Teks
Gambar Jenis Jenis Text Editor Dan Fiturnya Dalam Membahas Pengertian Pengedit Teks

Setelah kita mengetahui apa pengertian, sejarah, tujuan dan fungsi text editor di atas, maka kita juga harus mengenal apa saja jenis-jenis dan macamnya.

Beberapa teks atau text editor adalah berukuran kecil dan sederhana, sementara yang lain menawarkan fungsi yang luas dan kompleks.

Sistem Microsoft Windows hadir dengan Notepad sederhana, lebih banyak orang terutama programmer, lebih menyukai editor lain dengan lebih banyak fitur.

Adapun beberapa jenis-jenis dan macam teks atau text editor yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

a. Line Editors

Jenis dan macamnya yang pertama adalah baris atau line editor. Dalam macam ini, Anda hanya dapat mengedit satu baris pada satu waktu atau jumlah baris yang tidak terpisahkan.

Anda tidak dapat memiliki urutan karakter yang mengalir bebas. Jenis ini akan mengurus hanya satu barisnya saja.

Contohnya adalah seperti Teleprinter, Edlin, Teco.

b. Stream Editors

Dalam jenis aliran atau stream editors ini, file diperlakukan sebagai aliran atau urutan karakter yang berkelanjutan alih-alih nomor baris, yang berarti di sini Anda dapat mengetik paragraf.

Adapun contohnya adalah seperti editor Sed pada sistem operasi UNIX.

c. Screen Editors

Berikutnya adalah jenis layar atau screen editors. Dalam jenis editor ini, pengguna dapat melihat kursor di layar dan dapat membuat operasi salin, potong, tempel dengan mudah.

Ini terbilang sangat mudah untuk menggunakannya bersamaan dengan pointer Mouse.

Adapun contohnya adalah seperti aplikasi Vi, Emacs dan Notepad.

d. Word Processor

Berikutnya adalah pemroses (pengolah) kata atau word processor. Ini mengatasi keterbatasan editor screen (layar) serta memungkinkan seseorang untuk menggunakan beberapa format untuk menyisipkan gambar, file, video, menggunakan font, ukuran, fitur style atau gaya.

Ini terutama berfokus pada natural language (bahasa alami).

Contohnya adalah seperti Microsoft Office Word dan WPS Office Word.

e. Structure Editors

Editor struktur atau structure editor adalah pengedit yang berfokus pada bahasa pemrograman. Ini menyediakan fitur untuk menulis dan mengedit kode sumber.Contohnya adalah seperti aplikasi Dreamwaver, Netbeans IDE dan gEdit.

f. Full Screen Editors

Di komputer, editor layar penuhbebas gangguandistraction-free atau full screen editor adalah pengedit teks yang menempati tampilan penuh dengan tujuan mengesampingkan pengguna dari OS dan aplikasi lain.

Ini membantu pengguna untuk fokus pada penulisan saja dan tidak terganggu oleh aplikasi lain dan antarmuka yang berantakan.

Seringkali editor layar penuh memiliki latar belakang gelap dan bidang teks dengan teks berwarna terang. Mereka termasuk antarmuka yang dapat disesuaikan dan fitur seperti jumlah kata.

Contohnya adalah seperti program Acme, Coderoom dan FocusWriter.

g. Multiple Window Editors

Yang terakhir adalah jenis multiple window editor. Ini adalah pengedit yang memungkinkan Anda untuk mengerjakan lebih dari satu file satu file sekaligus dan memotong dan menempelkan teks dari file ke file lain melalui menarik dan meletakkan.

Dua konsep dasar yang ada di belakang editor multi-jendela adalah Buffer dan sistem operasi Windows.

Fitur-Fitur Text Editor

Selain dari apa yang sudah Kami jelaskan di atas, pada pengertian text editor, sejarah serta tujuan dan fungsinya di atas, beberapa teks atau text editor dapat menginstal file besar yang tidak biasa seperti file log atau seluruh database yang ditempatkan dalam satu file.

Bentuknya yang lebih sederhananya, mungkin hanya membaca file ke dalam memori utama komputer. Sedangkan dengan file yang lebih besar, hal itu mungkin akan dijalankan melalui proses yang lambat.

Fitur yang biasanya dikaitkan dengan editor teks adalah seperti memindahkan kursor, menghapus, mengganti, menempel, menemukan, menemukan dan mengganti, menyimpan dan lainnya.

Berikut ini adalah berbagai macam fitur dari teks atau text editor yang perlu kalian ketahui:

  • Search and replace (cari dan ganti); Teks atau text editor menyediakan fasilitas luas untuk mencari dan mengganti teks, baik dalam kelompok file atau secara interaktif. Editor tingkat lanjut dapat menggunakan ekspresi reguler untuk mencari dan mengedit teks atau kode.
  • Cut (potong), copy (salin), dan paste (tempel); Kebanyakan pengedit teks menyediakan metode untuk menggandakan dan memindahkan teks di dalam file, atau di antara file
  • Text formatting; Menyediakan fitur pemformatan dasar seperti pembungkus baris, indentasi otomatis, pemformatan daftar peluru menggunakan karakter ASCII, pemformatan komentar, penyorotan sintaksis dan sebagainya serta serta kemampuan untuk menangani teks yang disandikan UTF-8.
  • Undo dan redo; Seperti halnya pengolah kata, mereka juga menyediakan cara untuk membatalkan dan mengulang pengeditan terakhir, atau lebih. Seringkali terutama dengan text editor yang lebih lama hanya ada satu tingkat riwayat edit yang diingat dan secara berturut-turut mengeluarkan perintah undo hanya akan “mengganti” perubahan terakhir. Editor modern atau lebih kompleks biasanya menyediakan riwayat multi-level sehingga dapat mengeluarkan perintah undo berulang kali akan mengembalikan dokumen ke suntingan yang lebih lama secara berturut-turut.
  • Definisi macro atau procedure; Adalah untuk mendefinisikan perintah atau fitur baru sebagai kombinasi dari perintah sebelumnya atau makro lainnya, mungkin dengan parameter yang diteruskan, atau dengan bersarangnya makro.
  • Pengeditan multi-file; Kemampuan untuk mengedit banyak file selama sesi edit, mungkin mengingat kursor baris saat ini dari setiap file, untuk memasukkan teks berulang ke dalam setiap file, memindahkan teks di antara file, dan lain sebagainya.
  • Transformasi data; Membaca atau menggabungkan konten file teks lain ke dalam file yang sedang diedit. Beberapa teks atau text editor menyediakan cara untuk memasukkan output dari perintah yang dikeluarkan ke shell sistem operasi. Juga, fitur case-shifting yang dapat diterjemahkan menjadi huruf kecil atau besar.
  • Pemfilteran; Beberapa pengedit teks tingkat lanjut memperbolehkan editor untuk mengirim semua atau sebagian file yang sedang diedit ke utilitas lain dan membaca hasilnya kembali ke file sebagai pengganti baris yang “difilter” yang berguna untuk menyortir serangkaian garis secara alfabet atau numerik, melakukan perhitungan matematis, indentasi kode sumber, dan sebagainya.
  • Penyorotan sintaksis; Menyoroti secara kontekstual kode sumber, bahasa markup, file konfigurasi dan teks lain yang muncul dalam format yang terorganisir atau dapat diprediksi. Editor teks umumnya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan warna atau gaya yang digunakan untuk setiap elemen bahasa. Beberapa text editor juga memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menggunakan tema untuk mengubah tampilan dan nuansa dari seluruh antarmuka pengguna editor.
  • Extensibility; Ini dimaksudkan untuk digunakan oleh programmer yang menyediakan beberapa mekanisme plugin, atau dapat skrip, sehingga seorang programmer dapat menyesuaikan editor dengan fitur yang diperlukan untuk mengelola proyek perangkat lunak individu, menyesuaikan fungsi atau ikatan kunci untuk bahasa pemrograman tertentu atau sistem kontrol versi, atau sesuai dengan gaya pengkodean tertentu.

Contoh Text Editor (Editor Teks)

Sekarang kalian pasti sudah dapat menggambarkan seperti apa aplikasi text editor bukan? Jika belum, kalian dapat melihat daftarnya di bawah ini agar lebih memahaminya.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks atau text editor yang sering digunakan dan biasanya sudah disediakan oleh masing-masing operating system (sistem operasi):

  • Notepad dan WordPad; Aplikasi yang disediakan oleh Microsoft Windows dan termasuk editor teks.
  • TextEdit; Editor teks untuk komputer Apple.
  • Emacs; Editor teks untuk semua platform yang merupakan text editor powerfull (kuat) setelah Anda mempelajari semua perintah dan opsinya.
  • Vi dan Vim; Pengedit hebat lainnya terutama digunakan dengan Linux tetapi juga tersedia dengan beberapa platform (baca pengertian platform disini).
  • Word; Pengolah kata untuk komputer Windows dan Apple.
  • Writer; Editor teks dan pengolah kata simple.
  • Ed; Editor segala file pada sistem Unix-like.
  • Microsoft edit; Editor teks dalam MS-DOS.
  • NEdit; Adalah pengedit teks grafis.
  • Pico
https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-text-editor/



Pengertian Multimedia

Pengertian Multimedia
Share Ilmu

Menurut bahasa, multimedia berasal dari dua kata, yaitu multi dan media.

Multi artinya banyak, sedangkan media berarti sesuatu yang digunakan untuk mengekspresikan pesan atau perantara.

jadi, Pengertian dari multimedia adalah perantara pesan yang meliputi lebih dari 1 elemen atau banyak.

Definisi lain dari Multimedia diantaranya sebagai sarana komunikasi yang menggabungkan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, ataupun media lainnya.

Beberapa kombinasi elemen tersebut bisa, disimpan, ditampilkan, dikirim, atau diproses dengan sebuah perangkat tertentu.

Pengertian Jenis Multimedia Menurut Para Ahli

Pengertian Jenis Multimedia Menurut Para Ahli
toriqa.com
  • Menurut Rosch, tahun 1996: Multimedia merupakan Kombinasi dari komputer dan video.
  • Menurut McComick tahun 1996: Multimedia merupakan Kombinasi dari tiga elemen, yakni suara, gambar, dan teks.
  • Menurut Turban dan kawan-kawan tahun 2002: Multimedia merupakan suatu Kombinasi dari paling sedikitnya dua media input dan output. Media ini bisa berupa audio (suara, atau musik), animasi, video, teks, grafik serta gambar.
  • Menurut Robin dan Linda di tahun 2001: Multimedia merupakan Alat yang dapat menciptakan presentasi secara dinamis dan interaktif yang menggabungkan teks, grafik, animasi, audio serta video.
  • Menurut Vaughan tahun 2004: Multimedia merupakan kombinasi dari beberapa teks, gambar, suara, animasi dan video yang dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.

Kesimpulannya, pengertian Multimedia adalah suatu kombinasi yang dibentuk dari gabungan teks, gambar, animasi, audio atau video untuk menghasilkan output tertentu berupa informasi yang menarik atau hal lainnya.

Jenis Jenis Multimedia 

Setelah kita membahas serta memahami pengertian multimedia, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis jenis multimedia.

Secara umum multimedia dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu multimedia conten production dan multimedia communication.

1. Produksi Konten Multimedia

Produksi Konten Multimedia
CodeNgops

Multimedia conten proction merupakan hasil atau produk dari proses penggabungan beberapa media seperti, teks, audio, animasi, graphics, interactivity, serta video untuk menyampaikan sebuah informasi.

Kemudian hasil dari proses itu disebut produk multimedia (music, video, film, game, intertaintment, dll). Untuk multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:

  • Media Audio.
  • Media Teks.
  • Media Animasi.
  • Media Video.
  • Grafik Media / Gambar.
  • Media Spesial Effect.
  • Interaktivitas Media.

2. Komunikasi Multimedia

Komunikasi Multimedia
ParentCircle

Multimedia communication adalah proses pemakaian atau penggunaan media (massa), seperti media cetak, radio, televisi, serta internet.

Tujuannya adalah sebagai media untuk menyampaikan atau mempublikasikan sebuah pesan atau informasi, seperti, material advertising (iklan), news (berita), publicity (publikasi), entertaintment (hiburan), education (pembelajaran atau pendidikan), tutorial dan sebagainya.

Untuk multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:

  • Media Cetak.
  • Radio.
  • TV Film.
  • Permainan.
  • Musik.
  • Hiburan.
  • ICT (Internet).

Artikel Terkait:

Pengetahuan Seputar Corel Draw )

Teknik Fotografi, Pemula & Professional )

Jenis Jenis Multimedia Pembelajaran

1. Multimedia Interaktif

Multimedia Interaktif
Smartty.id

Pengguna atau user secara penuh dapat mengontrol seputar apa dan kapan elemen multimedia akan  dikirimkan atau di tampilkan.

Contoh Game, aplikasi program, CD interaktif,  dan virtual reality.

Jenis Jenis Multimedia Interaktif

Ada beberapa jenis atau model multimedia interaktif yang digunakan untuk tujuan pembelajaran, diantaranya tutorial, drill and practice, simulasi, instructional gameshybridsocraticinquiry dan informational.

2. Multimedia Hiperaktif 

Jenis Multimedia Hiperaktif
Institut Cavan

Jenis Multimedia Hiperaktif mempunyai struktur dengan elemen – elemen terkait yang dapat di arahkan oleh pengguna dengan tautan (link) menuju elemen – elemen multimedia yang ada.

Richmedia merupakan istilah yang di pakai untuk menyebut, Multimedia Hiperaktif.

Misalnya seperti Word wide web, Website, Mobile banking, Game online dan lain-lain.

3. Jenis Multimedia Linear ( Berurutan )

Multimedia Linear
Beritagar

Multimedia Linear merupakan jenis multimedia yang berjalan lurus, multimedia seperti ini biasanya banyak kita temukan pada semua jenis film, Tutorial video, dan sebagainya.

Sedangkan untuk multimedia interaktif merupakan jenis multimedia interaksi, artinya suatu interaksi antara media dan pengguna media dengan melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya.

Interaksi multimedia seperti ini berlangsung tanpa kontrol navigasi dari penguna, Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekussial dari awal sampai akhir.

Contoh dari multimedia linier adalah movie/film, e-book, musik, siaran TV.

4. Multimedia Presentasi Pembelajaran

Multimedia Presentasi Pembelajaran
Pikiran Rakyat

Multimedia presentasi pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk proses pembelajaran di kelas, namun tidak mengantikan peran guru secara keseluruhan dalam mengajar.

Contohnya adalah Microsoft Powerpoint.

5. Multimedia Pembelajaran Mandiri

Multimedia Pembelajaran Mandiri
Lintar Media

Multimedia pembelajaran mandiri merupakan suatu software yang bisa dimanfaatkan secara mandiri oleh siswa tanpa bantuan guru.

Multimedia pembelajaran mandiri juga harus bisa dalam menggabungkan explicitknowledge, dan tacit knowledge mengandung fitur asemen untuk latihan ujian dan simulasi termasuk juga tahapan dalam pemecahan suatu masalah.

Contoh dari multimedia pembelajaran mandiri adalah, Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

6. Perangkat Multimedia 

Kit multimedia
ThePianoSG

Multimedia kits merupakan suatu kumpulan materi atau pembelajaran yang meliputi lebih dari satu jenis media yang diorganisir di sekitar topik utama.

Didalamnya juga termasuk CD ROOM, KASET, AUDIO, GAMBAR DIAM, STUDY  CETAK, TRANSPARANSI OVERHEAD.

Tujuannya adalah untuk proses presentasi di dalam kelas keunggulan: multimedia kits membakitkan karena mereka multi sensorik.

Multimedia kits menjadi maksime serta ideal sebagai media untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kits mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu dapat di angkut dan digunakan di luar kelas (logiostik).

7. Jenis Multimedia Hypermedia

Ini merupakan perpanjangan dari Hipertex, yaitu dokumen yang terdiri dari teks, audio, informasi visual yang disimpan dalam komputer.

Contoh dari hypermedia yaitu ketika dalam suatu pembelajaran mengunakan link pada sebuah web.

8. Jenis Multimedia (Media Interaktif)

Sistem pembelajaran interaktif merupakan sistem pengiriman atau pemberian pelajaran yang direkam secara visual, suara dan bahan video yang disajikan di bawah kontrol komputer.

Tujuannya agar tidak hanya melihat dan mendengar suara, namun juga untuk membuat tanggapan secara aktif dari siswa.

Keunggulan dari sistem ini yaitu adanya beberapa teks, audio, graif, gambar, diam dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan sehingga mudah di gunakan.

9. Jenis Multimedia (Virtual Realitas)

Virtual Realitas
Monster AR

Virtual reality atau dikenal juga dengan realitas maya merupakan teknologi untuk pembelajaran yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.

Entah itu suatu lingkungan yang sebenarnya ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi.

Jenis Jenis Aplikasi Multimedia

Aplikasi atau software multimedia merupakan perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah berbagai macam media informasi seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain lainnya.

Hingga saat ini ada banyak sekali software yang bermunculan, mulai dari yang hanya dapat melihat saja hingga dapat digunakan untuk membuat dan mengedit.

Secara umum, software multimedia dapat dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu untuk animasi, desain, audio, foto dan video.

Nah, berikut ini jenis jenis aplikasi (software) multimedia yang saat ini banyak digunakan.

1. Media Player

Jenis aplikasi Multimedia
toriqa.com

Media player adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengolah informasi dalam bentuk audio atau video.

Umumnya beberapa aplikasi media player sudah dapat memutar informasi baik itu audio ataupun vidio. Berikut ini beberapa software media player, antara lain:

  • Windows Media Player: merupakan Software yang diproduksi oleh Microsot, biasanya sudah satu paket dalam Microsoft Windows.
  • Winamp: merupakan software yang bersifat freeware atau komersil, aplikasi ini diproduksi oleh Nullsoft. Inc.
  • Power DVD: merupakan software yang yang diproduksi oleh Cyberlink.
  • DivX Player: merupakan jenis software yang bersifat freeware, aplikasi ini diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
  • XMMS: merupakan software audio yang sifatnya open source, aplikasi ini berada di bawah naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)

2. Editor Gambar

Editor Gambar Perangkat Lunak
PiZap

Image Editor merupakan perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk menggambar atau mengedit image / foto.

Software-software untuk editor image saat ini sudah banyak yang bermunculan mulai dari yang memiliki fungsi editing sederhana hingga fitur yang kompleks.

Ada dua jenis image yang dihasilkan oleh sebuah image editor, yakni bitmap image dan juga vector image.

Berikut ini beberapa contoh software image editor antara lain:

  • Adobe Photoshop.
  • CorelDraw.
  • GIMP.

3. Audio / Video Editor

Jenis aplikasi atau software yang satu ini dapat digunakan untuk mengedit atau membuat media dalam bentuk video dan audio.

Biasanya Proses pengeditan video atau audio berupa konversi format, manipulasi kualitas, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini beberapa software untuk editing video dan audio saat ini, antara lain:

  • Adobe Premiere Pro.
  • Windows Movier Maker.
  • Keberanian.

4. Grafik / Penampil Gambar

Jenis Aplikasi Multimedia( Melihat Gambar)
Neowin

Perangkat lunak Graphic digunakan untuk melihat (view) gambar secara terorganisasi dalam sebuah direktori.

Sekarang juga sudah banyak format image yang sudah di support oleh aplikasi image viewer, misalnya bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain.

Berikut beberapa aplikasi image viewer yang dapat anda gunakan, diantaranya.

  • ACDSee.
  • XNView.
  • Irfan View.
  • Microsoft Picture Manager.
  • Microsoft Picture and Fax Viewr.

5. Animasi

Jenis software seperti animasi ini memang dikhususkan untuk membuat atau mengedit dalam bentuk animasi.

Animasi adalah suatu gambar bergerak ataupun video yang disatukan dalam suatu konten gambar yang fiktif.

Berikut ini beberapa contoh software khusus tentang animasi, antara lain yaitu:

  • Macromedia Flash.
  • Perangkat Lunak Animasi Houdini.
  • Power Animator.
  • Dan lain-lainnya.

6. Grafik 3D

Jenis aplikasi Multimedia Grafik 3D
HelloLuxx

Aplikasi Multimedia (Grafik 3D) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D.

3 Dimensi adalah representasi gambar dengan bentuk geometri 3 dimensi.

Sebagai contoh untuk perangkat lunak grafik 3D yang dapat Anda gunakan di komputer adalah:

  • Arsitektur Reit.
  • Autodesk Maya.
  • Blender.
  • Max Autodesk 3Ds.
  • Bioskop 4D.
  • 3D Lightwave  .
  • Mode.
  • Senjata nuklir

Lihat juga: (Panduan Instalasi Jaringan Komputer)

Jenis Jenis Konten Multimedia

Menurut pendapat (Green & Brown) Multimedia interaktif merupakan gabungan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:

1. Teks

Teks adalah simbol yang berupa medium visual yang dapat digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan secara efektif.

Teks itu sendiri memiliki beberapa jenis, bentuk dan jenis, seperti: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan hutan.

Untuk satuan ukuran dari suatu teks terdiri dari length dan size.

2. Grafik

Grafik merupakan suatu medium yang berbasis visual, dan seluruh gambar dengan dua dimensi itu adalah grafik.

Jika suatu gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap akan tampil melalui medium dua dimensi.

Demikian juga suatu gambar yang ditampilkan melalui kertas, televisi ataupun layar monitor, tetap dalam grafik bisa saja berbentuk kenyataan (reality) atau hanya hanya dalam bentuk iconic.

Contoh penyajian grafik dalam bentuk kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang disajikan berbentuk iconic adalah kartun.

Contoh lain gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan itu juga merupakan contoh grafik dalam bentuk iconik.

3. Audio

Medium berbasis suara atau yang lebih dikenal dengan audio merupakan segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.

Contohnya adalah: narasi, lagu, sound effect, back sound.


Multimedia

Fungsi Multimedia

Fungsi Multimedia
Sistem Teknologi

Menurut Gumelar tahun 2014, fungsi Multimedia adalah untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools sebagai alat bantu dan link sehingga memungkinkan pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya serta berkomunikasi.

https://toriqa.com/jenis-jenis-multimedia/



Desain Grafis

Desain grafis adalah adalah kegiatan kreatif untuk menciptakan karya yang fungsional dan estetis untuk berbagai jenis media yang proses komunikasinya tidak hanya mengandalkan teks, justru cenderung lebih banyak menggunakan unsur visual. Desain grafis adalah suatu proses (kata kerja) sekaligus hasil dari proses itu sendiri (kata benda).

Desain grafis bermula dari berbagai produk statis noncetak seperti poster, borsur, majalah, dsb. Namun seiring perkembangan zaman, media non cetak juga menjadi media yang digelutinya. Seiring perkembangan zaman juga pengertian desain grafis semakin meluas dan sering digantikan oleh istilah lain yang lebih umum seperti: Grafis Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual.

Mengeksplorasi tujuan dan fungsi dari desain grafis juga dapat membawa pemahaman kita terhadap pengertian desain grafis dengan lebih baik. Desain grafis identik dengan penggunaan perangkat lunak pengolah grafis seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan Photoshop. Namun sebetulnya berbagai aplikasi itu hanyalah alat yang digunakan dalam melakukan proses perancangan.

Tugas utama seorang desainer grafis adalah menjadi pemecah masalah untuk kebutuhan komunikasi visual. Seorang desainer grafis bukanlah hanya seseorang yang mampu menggunakan perangkat lunak komputer grafis. Seorang desainer juga tidak hanya harus piawai dalam menggambar menggunakan pensil.

Hakikatnya seorang desainer grafis adalah seorang perancang, pencetus, dan penemu ide. Seorang desainer grafis memiliki tanggung jawab untuk mengubah komunikasi verbal menjadi komunikasi visual agar suatu pesan dapat diterima dengan lebih mudah diiringi estetika dan pencitraan yang lebih baik.

Pengertian desain menurut JB Reswick adalah: kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya. Lebih lanjut Yasraf menjelaskan, dengan demikan desain merupakan kegiatan kreatif-progresif dengan produk, yang produk akhirnya adalah kebaruan dan perbedaan. (Piliang, 2008: 384).Pernyataan itu juga sejalan dengan asal-muasal kata “Desain” yang dipinjam dari bahasa inggris, yaitu: Design. Dalam Kamus Oxford, Design berarti rencana atau gambar yang dibuat untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau cara kerja bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum dibuat.

Grafis sendiri berasal dari kata Graphic dalam bahasa inggris, yang berarti sesuatu yang berhubungan dengan seni rupa, termasuk gambar, ilustrasi, pahatan hingga ke kaligrafi. Kata Graphic berasal dari bahasa Yunani, yaitu: graphikos yang berarti menggambar atau menulis.

Berikut adalah bebrapa pengertian Desain Grafis menurut para ahli diantaranya sebagai berikut :

  • Suyanto, Desain grafis dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri (yang biasa disebut seni komersil).
  • Danton Sihombing, Desain Grafis adalah mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi
  • Jessica Helfand, Desain Grafis adalah kombinasi yang kompleks antar teks dan gambar, angka dan grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang unik, sangat berguna, mengejutkan atau subversif dan mudah diingat.
  • Preble & Sarah, Graphic Design atau Desain Grafis adalah suatu istilah penamaan yang mengacu pada latar dwimatra atau dua dimensi (2d) yang bervariasi baik format dan kompleksitasnya ( Preble, Duane and Sarah,1985:211).
  • Blanchard, Desain Grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni, dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
  • Warren, Desain Grafis adalah “Suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktural dan visual”.

Jenis Desain Grafis

Adapun beberapa jenis dari desain grafis yang sering digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Drafter

Fungsi: membuat rancangan bangunan atau yang berkaitan dengan arsitektur atau industri.

Info:

  • memerlukan ketelitian yang tinggi.
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: autocad, archicad, 3D revit architecture

Editor

Fungsi: membuat cover atau sampul, banner, stiker, logo, poster, kartu nama, dan yang lainnya.

Info:

  • sering dibutuhkan dalam dunia publikasi dan periklanan.
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: adobe photoshop, corel draw, illustrator

Layouter

Fungsi: membuat tatanan letak pada koran atau majalah agar enak dipandang.

Info:

  • sering dibutuhkan dalam dunia percetakan.
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: MS.publisher, adobe page maker, adobe InDesign

Art Director

Fungsi: membuat karya seni berupa visual effect atau hiasan.

Info:

  • memerlukan kreatifitas yang tinggi.
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: photoshop, corel draw, Art creator, photo paint

Fotografer

Fungsi: untuk pengeditan foto.

Info:

  • harus mempunyai keahlian yang tinggi dalam fotografi
  • jago mengedit foto sesuai dengan event yang perfect
  • memerlukan kreatifitas yang tinggi
  • menguasai software aplikasi editing
  • sering dibutuhkan dalam dunia editor foto, fotografi, dan wartawan
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: photo studio, ieworks

Animator

Fungsi: untuk menunjang pekerjaan dalam bidang motion grafis, iklan dan juga film fantasi.

Info


  • memerlukan kesabaran yang tinggi
  • memerlukan kreatifitas yang tinggi
  • memerlukan pengetahuan yang tinggi
  • sering dibutuhkan dalam dunia pertelevisian, perfilman serta advertising
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: adobe flash, after effect, 3D maya, gif animator

Visualisator

Fungsi: memberikan suatu gambaran dalam sebuah karya produk yang berbentuk real atau 3D.

Info:

  • setiap orang yang ingin menggunakan desain grafis jenis ini harus memiliki kemampuan otak kanan yang tinggi
  • menguasai aplikasi desain grafis visualisator
  • sering dibutuhkan dalam dunia visualisasi produk dan presentasi produk
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: 3D max, autocad, digital clay

Video Editor

Fungsi: untuk mengedit film atau video sekaligus merangkapnya sebagai video shooter.

Info:

  • memerlukan imajinasi yang tinggi
  • sering dibutuhkan dalam dunia industri music dan perfilman
  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: after effect, sony vegas, video studio

Integrater Designer

Fungsi: untuk mengedit film atau video sekaligus merangkapnya sebagai video shooter.

  • Aplikasi yang dapat biasa digunakan: premiere pro

Prinsip dan Elemen Desain Grafis

Prinsipnya pun hampir sama dengan desain lainnya, seperti:

  • Ruang Kosong (White Space)
  • Keseimbangan (Balance)
  • Kejelasan (Clarity)
  • Ritme (Rhythm)
  • Kesederhanaan (Simplicity)
  • Tekanan (Point of Interest atau Emphasis)
  • Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity)

Secara garis besar, terdapat 10 elemen desain, diantaranya yaitu:

  • Line (Garis)
  • Form & Space (Bentuk & Ruang)
  • Color (Warna)
  • Type (Teks)
  • Texture & Image (Tekstur & Gambar)
  • Balance (Keseimbangan)
  • Contrast (Kontras)
  • Continuity (Kontinuitas)
  • Repetition (Repetisi)
  • Unity (Kesatuan).

Keterampilan Desain Grafis

Keterampilan yang diperlukan dalam dunia desain grafis diantaranya :

  • Seni Visual,Ilmu yang termasuk ke dalam seni visul yaitu: fotografi dan digital imaging.
  • Tipografi, Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun, dan memodifikasi huruf seestetik mungkin.Untuk membuat tipografi pun ada beberapa peraturan tertentu, diantaranya:
    • ukuran huruf
    • jenis huruf
    • tracking (jarak antar huruf secara umum)
    • kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik)
    • leading (jarak antar baris)
  • Tata Letak, Seni dalam menyusun konten atau elemen yang terdapat di dalam suatu halaman dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pembaca.Keterampilan tata letak ini biasanya digunakan dalam dunia percetakan seperti: majalah, buku, koran, tabloid atau yang lainnya.
  • Desain Interaksi, Sejak perkembangannya dalam dunia teknologi informasi, para desainer grafis mulai merancang tampilan dari perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface (GUI)) serta tampilan dari halaman web.Desainer grafis tersebut bekerja sama dengan para pengembang situs web atau pengembang software dalam merancang tampilan.Guna meningkatkan kenyamanan user ketika mengenakan perangkat lunak atau ketika mengunjungi situs dalam web.
  • Pewarnaan, Seorang desainer harus dapat mengaplikasikan warna dengan tepat sehingga akan membuat suatu karya yang enak untuk dipandang.
  • Penguasaan Software, Untuk menunjang kegiatan desain supaya lebih mudah.
  • Sketsa, Seorang desainer harus dapat membuat suatu sketsa atau rancangan mengenai karya yang akan diciptakan secara baik dan benar.
  • Desain Interaksi, Mendesain produk interaktif dengan tujuan untuk membantu manusia dalam berkomunikasi sekaligus berinteraksi dalam kehidupan dan juga pekerjaan sehari-hari.
  • Nirmana, Cara penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang serta tekstur sehingga akan menjadi satu kesatuan yang harmonis.

Aplikasi Dunia Desain Grafis

Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam desain grafis:

  • Adobe Photoshop
  • Adobe image ready
  • AirBrush
  • Coreldraw
  • Infinite Design
  • Afterlight
  • PicsArt
  • GIMP
  • Adobe Indesign
  • Adobe Photoshop Express
  • Adobe Photoshop MIX
  • Adobe Photoshop FIX
  • Designapp Design Graphic
  • Desktop publishing
  • Adobe Photoshop Lightroom CC
  • Canva
  • Adobe Page Maker
  • Adobe Illustrator Draw
  • Desygner
  • AutoCAD
  • Macromedia Freehand
  • Snapseed
  • 3DC.io – 3D Modeling
  • Paint Tool SAI
  • Adobe Illustrator
  • Inkscape

Desain Grafis : Pengertian, Jenis, Ketrampilan, Aplikasi, Prinsip dan Elemen

Dampak Karya Desain Grafis


Dampak Positif

  • Dapat memperkenalkan karyanya secara luas melalui media internet.
  • Bisa mempelajari ilmu desain grafis dengan lebih mudah serta akan memperkaya teknik dalam proses pembuatan seni melalui internet.
  • Karya dalam yang berwujud foto bisa terlihat lebih lembut dengan melakukan proses pengeditan.
  • Progam desain grafis yang telah ada semakin muktahir serta bisa menghasilkan karya yang mempunyai sebuah rasa dari penciptanya.
  • Komunikasi menjadi lebih mudah diantara pada desainer di dunia untuk bertukar ilmu sehingga dapat menciptakan karya yang luar biasa.
  • Memberikan fasilitas yang lebih mudah untuk menjual maupun membeli hasil karya seni yang telah diciptakan.

Dampak Negatif

  • Karya dapat dicuri atau biasa disebut sebagai plagiat.
  • Karna perkembangan teknologi yang semakin canggih, tak elak jika desain grafis manual akan lebih mudah ditinggalkan.

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/05/desain-grafis.html


Database

Pengertian database
Ilustrasi Database

Apa itu database? Pengertian Database atau basis data adalah kumpulan berbagai data dan informasi yang tersimpan dan tersusun di dalam komputer secara sistematik yang dapat diperiksa, diolah atau dimanipulasi dengan menggunakan program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut.Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelolan dan memanggil database disebut dengan sistem database management system.

Istilah database sendiri mengacu pada koleksi data-data yang saling terkait satu sama lain dimana tujuan database adalah dapat digunakan untuk mengelola data dengan lebih efektif dan efisien.

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang teknologi informasi pernah menjelaskan tentang definisi database, diantaranya adalah:

1. Jogiyanto

Menurut Jogiyanto pengertian database adalah kumpulan informasi dan data yang saling berhubungan satu sama lain, dimana data tersebut tersimpan di simpanan luar komputer dan diperlukan software tertentu untuk memanipulasinya.

2. Abdul Kadir

Menurut Abdul Kadir pengertian database atau basis data adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.

3. S. Atte

Menurut S. Atte pengertian database atau basis data adalah sebuah koleksi data-data yang saling berhubungan yang ada dalam suatu organisasi atau enetrprise dengan berbagai penggunaan.

4. Fabbri dan Schwab

Menurut Fabbri dan Schwab definisi database atau basis adalah suatu sistem berkas terpadu yang dirancang khusus untuk dapat meminimalkan pengulangan atau redundancy data.

5. Toni Fabbri

Menurut Toni Fabbri pengertian database atau basis data adalah suatu sistem file-file dan data yang terintegrasi dimana file (baca: pengertian file) dan data tersebut yang mempunyai sebuah primary key untuk melakukan pengulangan data.

6. Gordon C. Everest

Menurut Gordon C. Everest, definisi database adalah suatu kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi, terdefinisi secara formal, dan terkontrol. Pengontrolan tersebut terpuasat pada suatu organisasi.

7. C.J. Date

Menurut C.J. Date pengertian basis data adalah koleksi data/ informasi operasional yang sengaja disimpan dan juga digunakan oleh sistem aplikasi sebuah organisasi

Fungsi Database

Setelah memahami pengertian database, tentunya kita juga harus mengetahui apa fungsi dari database. Berikut ini adalah beberapa fungsi database:

  • Mengelompokkan data dan informasi sehingga lebih mudah dimengerti
  • Mencegah terjadinya duplikat data maupun inkonsistensi data
  • Mempermudah proses penyimpanan, akses, pembaharuan, dan menghapus data.
  • Menjaga kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan yang di-input.
  • Membantu proses penyimpanan data yang besar
  • Membantu meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data

Manfaat Database

Sebelum mengetahui apa saja jenis perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menyusun database, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika bekerja dengan sistem database:

1. Tidak Terjadi Redudansi Basis Data

Seperti yang sudah disinggung pada pengertian database sebelumnya, database bisa membantu meminimalkan redudansi data. Redudansi sendiri merupakan terjadinya data-data ganda dalam berkas-berkas yang berbeda.

2. Integritas Data Terjaga

Database memastikan integritas data yang tinggi dimana database akan memastikan keakuratan, aksesbilitas, konsistensi dan juga kualitas tinggi pada suatu data.

3. Independensi Data Terjaga

Database menjaga independensi data dimana orang lain tidak dapat merubah data meskipun data bisa diakses.

4. Kemudahan Berbagi Data

Menggunakan perangkat lunak database bisa digunakan untuk berbagi data atau informasi dengan sesama pengguna lainnya.

5. Menjaga Keamanan Data

Database menjamin keamanan suatu informasi dan data, dimana Anda bisa menyisipkan kode akses untuk data-data tertentu yang tidak bisa diakses bersama.

6. Kemudahan Akses Data

Dengan database bisa memudahkan untuk mengakses dan mendapatkan data karena semua data terorganisir dengan baik.

Baca juga: Komponen Database

Tipe-Tipe Database

Dibutuhkan software khusus untuk menyimpan dan mengambil data dan informasi dari database. Software ini sering disebut dengan System Managemen Basis
Data (DBMS).

Berikut ini adalah tipe database:

  1. Analytical database; yaitu database untuk menyimpan informasi dan data yang diambil dari operasional dan eksternal database
  2. Operational database; yaitu database yang menyimpan data mendetail yang dibutuhkan untuk mendukung operasi suatu organisasi secara keseluruhan
  3. Distributed database; yaitu kelompok kerja lokal database dan departemen di berbagai kantor dan lokasi kerja yang lainnya.
  4. Data warehouse; yaitu sebuah gudang data yang menyimpan berbagai data dari tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini.
  5. End-user database; yaitu basis data pengguna akhir yang terdiri dari berbagai file data yang dikembangkan dari end-user dalam workstation mereka.
  6. Real time database; yaitu sistem pengolahan yang dirancang dalam menangani beban kerja suatu negara yang bisa berubah-ubah, mengandung data terus menerus dan sebagian tidak berpengaruh terhadap waktu.
  7. Document oriented database; yaitu salah satu perangkat lunak komputer yang dibuat untuk sebuah aplikasi dan berorientasi pada dokumen.
  8. In memory database; yaitu database yang tergantung pada memori untuk menyimpan informasi/ data pada komputer
  9. Navigational database; pada navigasi database, queries menemukan benda bagi yang mengikuti referensi dari objek tertentu
  10. Hypermedia database on the web; sekumpulan halaman multimedia yang saling berhubungan dalam sebuah website, yang terdiri dari homepage dan hyperlink dari multimedia (gambar, teks, grafik audio, dan lain-lain)
  11. External database; database yang menyediakan akses ke luar, dan data pribadi online
  12. Relational database; merupakan standar komputasi bisnis, dan basis data yang paling umum dipakai saat ini.

Jenis-Jenis Software Database

Setelah memahami pengertian database dan keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan perangkat lunak database, maka berikut ini jenis-jenis software database terbaik yang bisa Anda gunakan:

1. Microsoft Access

Salah satu software database ini adalah yang paling sering digunakan. Microsoft access sangat cocok digunakan untuk sebagian besar komputer yang relasional. Selain itu, jika Anda berbisnis dalam skala rumahan, bisa memilih sistem database ini karena sangat ringan digunakan dan format datanya sangat umum sehingga memudahkan pembacaan.

2. Oracle

Salah satu software database ini sangat mampu untuk menyimpan data dengan ukuran yang maksimum hingga tera byte. Oracle paling banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan terutama yang sedang berkembang karena memang untuk mengaksesnya tersedia secara gratis.

3. Ms SQL Server

Software database ini merupakan manajemen basis data yang umum digunakan pada Microsoft dengan bahasa pemograman yang digunakan adalah Transact-SQL. Tipe data yang digunakan cukup banyak sehingga sangat efektif untuk mendukung kinerja Anda.

4. MySQL

Salah satu software database yang open access untuk umum dan kompatibel pada sistem operasi Windows maupun Linux. Keunggulan yang bisa Anda gunakan dengan menggunakan program MySQL adalah bisa digunakan untuk multi user. Kelebihan lainnya dar MySQL yaitu tersedia gratis, query data yang cepat dan berlisensi resmi.

5. Firebird

Bisa dibilang software database ini memiliki fitur sistem yang standar dan ringan yaitu fitur ANS SQL-99 dan SQL – 2003. Kompatibel untuk digunakan pada sistem operasi Windows, Linux maupun Unix.

6. Postgre SQL

Menawarkan sistem database opensource dengan lisensi GPL/ General Public License. Software ini menggunakan bahasa pemograman C++, C, SQL, PHP dan lainnya. Jika digunakan untuk pekerjaan pribadi, maka software ini sangat recommended digunakan.

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-database.html


Pemrograman Desktop 





Pengertian Pemrograman Desktop
  • Pemograman Dekstop adalah sebuah pemograman dimana sesorang membuat program yang berbasic dekstop, misalnya anda membuka aplikasi yang ada di komputer anda kita misalkan kita membuka aplikasi paint.
  • Pemograman Desktop adalah dimana seseorang mengembangan sebuah program yang dapat dijalakan dengan komputer dan file dari program tersebut dieksekusi dalam file system komputer itu sendiri 

Perbedaan antara Pemograman Dekstop, Web, Mobile 

Pertama sebenarnya pemograman dekstop dan web adalah sama, hanya dalam media menjalankannya yang berbeda, jika dalam pemograman dekstop aplikasi dapat dijalankan secara langsung dengan komputer, namun jika pemograman web harus mengunakan browser untuk mengesekusinya, biasanya pemograman web itu adalah aplikasi yang dijalankan dengan online namun juga ada yang bisa kita jalankan dengan offline ,dengan cara mendownload data yang akan kite eksekusi di browser sendiri

Definisi perbedaan antara pemograman dekstop dan web
  • pemograman dekstop bisa dijalankan offline maupun online ,program yang dijalankan dari file komputer senditri contoh dari bahsa pemograman ini adalah : NET ,c# ,c++ <java
  • pemograman web ,biasanya dijalankan aplikasi ini dengan menjalakan file system yang ada diserver dan harus online misal tipe bahasa pemograman dari web adalah : html ,php,mysql ,css,dan lain lainya js juga bisa
Pemograman Mobile  
Mobile adalah sebuah media sperti handphone ,tab dan lain lain ,dalam pemograman ini biasanya mementingkan dari segi tampilan yaitu mobile ,jika dulu pemograman mobile dengan java phone ,symbian phone ,dan sekarang menjadi android phone ,format dari aplikasi pemograman nya juga berbeda beda, misal java mengunakan format jar , symbian dengan format zip ,dan android sekarang ini  dengan format apk.

.MACAM MACAM BAHASA PEMROGRAMAN DESKTOP

Macam-macam Bahasa Pemrograman Desktop, diantaranya :
  • Java
  • C
  • C++
  • PHP
  • Visual Basic
  • C#
  • Phyton
  • PERL
JAVA

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.
Sebagai bahasa pemrograman berorientasi object Java Platform Standard Edition (JSE) menyediakan lingkungan yang lengkap untuk pengembangan aplikasi di desktop dan client/server. Materi pelatihan pada Java Fundamental (JSE) akan fokus ke masalah pengantar aplikasi Java, pemrograman berorientasi object (OOP), dan berbagai teknik yang digunakan pada pemrograman bahasa Java. Materi disajikan dengan metode perimbangan teori-praktek, dengan harapan bahwa peserta training disamping memahami paradigma berorientasi objek, juga memiliki skill pemrograman Java di level dasar-intermediate.

C

Bahasa pemrograman C dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.
Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di mata para pakar dunia komputer, terutama di kalangan pendidikan, karena bahasa C dianggap sebagai bahasa yang memiliki banyak keunnggulan dibanding bahasa yang lain. Dilihat dari sisi sintaksnya Bahasa C sangat mudah dipelajari baik bagi kalangan pelajar/mahasiswa maupun kalangan masyarakat umum, dan dari segi kecepatan Bahasa C sangat tangguh karena bisa berjalan secepat bahasa tingkat rendah (rakitan). Karena keunggulannya tersebut, bahasa C dipakai sebagai mata kuliah wajib hampir di seluruh perguruan tinggi di dunia.

C++

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ adalah meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class

PHP

PHP adalah bahasa pemrograman Web yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinam untuk digunakan untuk pemakaian lain.
Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.
Kelebihan PHP adalah tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana – mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

VISUAL BASIC

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan. Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java

C#

C# adalah sebuah bahasa pemrograman modern yang bersifat general-purpose, berorientasi objek, yang dapat digunakan untuk membuat program di atas arsitektur Microsoft .NET Framework. Bahasa C# ini memiliki kemiripan dengan bahasa Java, C dan C++ (selengkapnya dapat dilihat pada Sejarah Bahasa C#). Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh sebuah tim pengembang di Microsoft yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg, seorang yang telah lama malang melintang di dunia pengembangan bahasa pemrograman karena memang ialah yang membuat Borland Turbo Pascal, Borland Delphi, dan juga Microsoft J++. Kini, C# telah distandarisasi oleh European Computer Manufacturer Association (ECMA) dan juga International Organization for Standardization (ISO) dan telah menginjak versi 3.0 yang mendukung beberapa fitur baru semacam Language Integrated Query (LINQ) dan lain-lainnya

PHYTON

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat powerfull dan mudah untuk dipelajari. Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang sangat efisien dan sederhana tapi efektif untuk penerapan pemrograman berorientasi objek.
Python memiliki syntax dan type data dinamis yang elegan hingga membuatnya menjadi bahasa yang sangat ideal untuk scripting dan pengembangan aplikasi diberbagai bidang dan flatform system operasi.
Interpreter Python dan kumpulan library-nya bisa didapatkan gratis di situs resminya http://www.python.org/, dan boleh didisribusikan secara bebas. Di situs ini Anda juga bisa mendapatkan distribusi dan modul serta link-link situs yang menyediakan modul, program dan tool serta dokumentasi tambahan. Interpreter Python sangat mudah ditambahkan dengan fungsi-fungsi baru dan tipe data yang diimplementasikan dengan C/C++ atau bahas pemrograman lain yangdapat dipanggil menggunakan C. Python juga cocok untuk digunakan sebagai bahasa tambahan untuk kustomisasi aplikasi, seperti yang banyak digunakan dalam aplikasi GNU/Linux.(Python Documentation)


PERL
Perl umum adalah bahasa pemrograman-tujuan awalnya dikembangkan untuk manipulasi teks dan digunakan untuk berbagai tugas termasuk sistem administrasi, pengembangan web, pemrograman jaringan, pengembangan GUI, dan banyak lagi.
Berjalan pada mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Biaisan bahasa ini dimaksudkan untuk menjadi praktis karena mudah digunakan, efisien, lengkap juga indah, kecil, elegan, minimal. Besar fitur yang mudah digunakan, mendukung kedua prosedural dan berorientasi objek (OO) pemrograman, telah built-in untuk mendukung pemrosesan teks, dan memiliki satu dunia yang paling mengesankan koleksi dari modul pihak ketiga.. 

http://simulasidigital-muchamadekisa.blogspot.com/2019/12/pengertian-pemrograman-desktop-dan.html



Web Programing


Loncat ke navigasiLoncat ke pencarian

Teknologi Web


I. Pengenalan

World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini. Internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW. WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP), dengan menggunakan HTTP dapat membuat user untuk mengakses suatu halaman web melalui protocol TCP/IP menjadi lebih mudah.

Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/dilihat/diterjemahkan dengan Internet Browser ketika Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video, dan animasi.


II. Internet & Web Browser

Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang me-request dokumen-dokumen dari komputer-komputer yang terkoneksi internet (server) di seluruh dunia, dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pada window browser. Browser menampilkan sesuai instruksi (format) HTML yang dibuat pada dokumen tersebut.


III. Sejarah World Wide Web

  • Hypertext [Bush 1945, Nelson 1960’s], Awal '90-an, Tim Berners-Lee, sarjana fisika pada riset Nuklir Swiss (CERN) menciptakan HyperText Markup Language (HTML) dan Browser teks pertama: Lynx.
  • Pada saat ini Berners-Lee memimpin WWW Consorsium (W3C) lembaga yang menyusun standardisasi HTML dan dokumen web.
  • Tahun 1993: Browser grafis pertama: Mosaic dibuat oleh Andressen dan Eric Bina (mahasiswa University of Illinois)
  • Tahun 1994: Andressen kemudian bekerja untuk Netscape, dan membuat Netscape Navigator, browser grafis populer pertama
  • Tahun 1995: Microsoft membuat Internet Explorer
  • Pada saat ini Browser yang digunakan adalah: Mozilla FireFox, Opera, dll.


IV. Fakta

Browsing/surfing atau berselancar sudah merupakan aktivitas rutin sehari-hari. Internet menjadi sumber informasi yang tak terhingga! (apalagi dengan adanya Yahoo! dan Google). Jutaan halaman web baru bermunculan setiap hari. Konten web semakin bervariasi dan dapat dikontribusi oleh siapa saja, di mana saja.


V. Killer Appplication

1. Internet

  • Email
  • Off Games
  • Chat (mIRC, Yahoo Messenger)
  • Google Earth

2. Web Based

  • Search Engine (Yahoo!, Google)
  • Web Blog
  • Web Komunitas: Friendster, MySpace, Multiply, Hi5, glowing 360°, YouTube


VI. Kategori Web -an isi web:

  • Web Statis

Website ini merupakan website yang isi tampilannya selalu sama dan tidak akan pernah berubah kapan pun kita melihatnya dengan tampilannya selalu tetap dan tidak terkoneksi dengan database.(jika tidak di-update). Website ini hanya memungkinkan user untuk melihat isi dan informasi website tersebut tanpa bisa melakukan interaksi. yYng bisa dilakukan user hanyalah mengklik image dan link yang ada untuk berpindah dari halaman satu ke halaman yang lain. Website ini biasanya hanya berisi tag-tag HTML murni, CSS dan java script sebagai scripting language-nya.

  • Web Dinamis

Website yang isi tampilannya tidak statis. Website ini dibagi menjdi 2 bagian yaitu: 1. Client Side Technology Client side Technology adalah teknologi web programming dimana script dijalankan komputer client, tanpa berinteraksi dengan server. Di client slide teknlogi ini, code script sangat bergantung pada browaser yang digunakan. Contoh script: java script, VB script, ActiveX Contorl, Java Applets.

2. Server Side Technology Server Side Technology adalah teknologi web dengan script dijalankan di server, kemudian hasil dari pemrosesan itu kemudian dikirimkan ke client (browser) dalam bentuk HTML murni sehingga bisa ditampilkan oleh pengguna.

Keunggulan Server Side Technology: - Tidak tergantung pada browser - lebih aman, karena script di server tidak bisa dilihat browser - waktu load lebih cepat karena yang diunduh adalah dokumen HTML murni.

contoh script: PHP, ASP (Active Server Page), CGI (Common Gateway Interface).


HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993). HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya. Sebuah usaha dari World Wide Web Consortium’s (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).


XHTML

XHTML adalah sebuah kombinasi dari HTML dan XML (Extensible Markup Language) & merupakan bentuk sempurna (dalam arti, lebih ketat dan bersih dibandingkan HTML). Tujuan XHTML adalah menggantikan HTML. XHTML adalah bentuk HTML yang didefinisikan sebagai aplikasi XML yang berarti XHTML berisi semua elemen dalam HTML 4.01 dikombinasikan dengan sintaks XML. XHTML adalah bahasa markup sebagaimana HTML, tetapi dengan gaya bahasa lebih baik. XHTML merupakan versi HTML yang memenuhi persyaratan XML dan merupakan sebuah dokumen HTML, dan XHTML menjadi standar internasional dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh W3C (World Wide Web Consortium). Beberapa ciri dari XHTML:

Elemen XHTML harus bersarang dengan sempurna.
Elemen XHTML harus ditulis dalam huruf kecil
Elemen XHTML harus selalu diakhiri tag penutup
Dokumen XHTML harus memiliki satu root element

Dan sebagai contoh perbedaan dari HTML dan XHTML, lihat struktur standar berikut: Contoh HTML:

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>..........</TITLE>
</HEAD>
<BODY>.........</BODY>
</HTML>

Contoh XHTML:

<!DOCTYPE.....>
<html>
<head>
<title>........</title>
<body>......</body>
</html>




JHTML

JHTML yang merupakan singkatan dari Java Dynamic HTML adalah salah satu dari sekian banyak framework yang digunakan saat ini. JHTML memanfaatkan "Action" dari XML yang tertanam pada halaman HTML untuk secara dinamis menyusun halaman web. XML Action itu sendiri ditambahkan ke dalam halaman web kita untuk mempermudah pembuatan konten web dinamis.

Format XML Action:

<pager:insert page="page name"/>


JHTML dikembangkan oleh sebuah produk open source dari software house yang dikenal dengan nama Rio Software and Tecnologies Ltd.


Pemrograman Website

Dalam pemrograman website, dapat dibagi menurut berbagai sudut pandang. Berikut adalah susut pandang pemrograman website dilihat dari hak akses penggunanya.

1. Client Side Script:

Script yang ditambahkan dalam dokumen html, dieksekusi oleh browser client. Contohnya adalah Javascript dan VBScript. Ciri dari Client Side Script adalah script yang ditambahkan (embedded) pada halaman web yang sebelumnya hanya disusun dengan sintaks HTML. Penambahan script ini mempunyai tujuan tertentu misalnya menampilkan jam dan tanggal yang up-to-date, membuat menu yang dinamis (misal: pull down menu), melakukan fungsi kontrol terhadap sebuah window, membuat animasi sederhana, membuat animasi mouse, maupun untuk validasi form. 
Keuntungan dan kerugian Client Side Script adalah sebagai berikut.
a. Keuntungan:
-Waktu proses relatif cepat karena langsung dieksekusi oleh browser client
-Tidak memerlukan web server untuk hosting
-Dapat dieksekusi langsung oleh berbagai browser
b. Kerugian:
-Script bisa dilihat oleh pengguna
-Script dapat di copy-paste
-Tidak cocok untuk akses data atau database

2. Server Side Script:

Script yang ditambahkan dalam dokumen html, dieksekusi oleh server, hasilnya dalam bentuk html yang dikirim ke client. Server Side ini digunakan untuk membuat aplikasi web atau konten-konten dinamis seperti news dan buku tamu. Contoh dari sisi server ini adalah beberapa bahasa pemrograman web seperti PHP(open source dan banyak digunakan luas), Active Server Pages (ASP) dan ASP.Net yaitu teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft, ColdFusion (CFM) yang dikembangkan oleh Macromedia, Java Server Pages dan Servlet yang dikembangkan oleh Sun Microsystem, Common Gateway Interface (CGI) yang dibuat dengan bahasa pemrograman C++ atau Perl, dan Server Side Include (SSI) seperti misalnya Frontpage Server Extension. Keuntungan dan kerugian Server Side Script adalah sebagai berikut.
a. Keuntungan:
-Script tidak bisa dilihat oleh pengguna, sehingga tidak dapat di-copy-paste
-Cocok untuk akses data atau aplikasi database
-Untuk membuat fitur-fitur tertentu yang berguna, misalnya: hit counter, user manajemen, disain yang dinamis, CMS, dll
b. Kerugian:
-Waktu proses relatif lebih lambat karena dieksekusi oleh server
-Memerlukan web server untuk hosting

Contoh dari aplikasi berbasis web pada saat ini sangat banyak variannya karena sebuah pekerjaan yang semula dikerjakan dengan teknik manual maupun aplikasi offline dikembangkan ke aplikasi web based seperti:

a. E-Commerce: describes the concept of conducting transactions between a buyer and a seller over an electronic network (Internet).
b. E-Business: describes all aspects of doing business on/with/through the Internet. E-Business includes all aspects of E-commerce.
c. E-Learning dan E-Government.
d. Dan jenis E-E yang lainnya.

Sedangkan untuk para pengembang atau para developer dari website sendiri dapat dibagi dan dipisahkan menjadi beberapa aktor atau bagian seperti:

a. Web Designer yang membuat desain web.
b. Web Programmer yang membuat script untuk halaman web.
c. Web Administrator yaitu sebagai administrator web.

Ketiga aktor inilah yang melakukan tahapan dalam sebuah pengembangan suatu website yang meliputi tahap Web Designing yaitu proses hingga jadi halaman-halaman web secara lengkap dan siap tayang dan tahapan berikutnya adalah Web Deploying yaitu proses untuk membuat website terpasang pada server internet dan dapat diakses orang lain.


CSS (Cascading Stylesheet)

CSS adalah bagian dari sebuah website yang khusus dibuat untuk mengatur tampilan sebuah website. Kita dapat mengontrol isi (konten) dan tampilan secara terpisah. Perubahan konten tidak mengharuskan kita melakukan perubahan tampilan, demikian juga sebaliknya. Teknologi CSS dimaksudkan untuk mempermudah perancangan web yang indah dan fleksibel. Fleksibilitas adalah hal yang tidak akan diperoleh jika menggunakan HTML saja. Satu file CSS (*.css) dapat digunakan untuk banyak halaman, sehingga perubahan desain visual untuk banyak halaman dapat dilakukan hanya melalui modifikasi satu file CSS. Beberapa penggunaan CSS pada saat ini adalah sebagai kontrol aspek visual keseluruhan halaman website serta untuk membuat layout yang standar (kolaborasi dengan XHTML). Dalam teknik pembuatan layout HTML terbagi menjadi beberapa tahapan sejarah yang berkembang dari waktu ke waktu seperti Frame adalah cara lama yang sekarang ini sudah jarang digunakan, kemudian berkembang ke teknologi Tabel yang disukai oleh sebagian besar designer web yang ada, dan kini berubah menjadi teknologi CSS yang merupakan metode baru yang sekarang ini menjadi standar dalam suatu pembuatan website.


https://id.wikipedia.org/wiki/Web_Programing



Microservices

Salah satu pola arsitektur yang paling banyak didiskusikan oleh penggiat IT di Indonesia adalah Microservices. Nah, sudahkah kita tahu apa itu Microservices? Bagaimana struktur arsitekturnya? Apa keuntungan menggunakan Microservices? Yap, kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan hal lain yang berkaitan tentang Microservices. Langsung saja baca artikel yang sudah ada di bawah, yuk!

Pengertian Microservices

Pengertian Microservices

Microservices berarti membagi aplikasi menjadi layanan yang lebih kecil dan saling terhubung tidak seperti aplikasi monolitik.

Setiap microservice merupakan aplikasi kecil yang memiliki arsitektur heksagonal sendiri yang terdiri dari logika beserta berbagai adapternya. Baca Juga: Apa itu Analisis SWOT?

Pola arsitektur Microservice secara signifikan memengaruhi hubungan antara aplikasi dan database. Di dalam microservice, masing-masing services memiliki skema database tersendiri. Selain itu, services dapat menggunakan jenis database dan bahasa pemrograman yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Di satu sisi, pendekatan ini bertentangan dengan gagasan model data enterprise-wide. Selain itu, sering kali menghasilkan duplikasi beberapa data. Namun, memiliki skema database per service sangat penting jika ingin mendapatkan keuntungan dari layanan microservice.

Intinya microservice adalah metode dengan membagi service ke bagian yang lebih kecil dimana service-service tersebut saling berhungan satu sama lain. Selain itu, dalam setiap services yang dibuat bisa menggunakan teknologi yang berbebeda.

Karakteristik Microservices
Aplikasi scalable, secure dan reliable
Setiap layanan memiliki infrastruktur sendiri.
Karena setiap layanan memiliki infrastruktur sendiri, bisa dengan mudah membuat aplikasi tanpa memikirkan hubungan atau ketergantungan module dengan layanan yang lain.
Ada kemungkinan komunikasi antarmodule mengalami kegagalan. Untuk itu pengguna harus selalu mempersiapkan cara handlenya.
Proses update aplikasi hanya melingkupi layanan yang terkait.
Codenya berbasis layanan.
Proses Scalingnya bisa menggunakan beberapa metode, scaling up dan scaling side.

Kelebihan Microservice

Berdasarkan pengertian tentang microservice yang sudah kita baca di atas, dapat kita simpulkan bahwa microservice memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Aplikasi scalabale, secure dan reliable.
  2. Setiap service berdiri sendiri.
  3. Maintence-nya lebih mudah.
  4. Tidak ada hambatan dalam menggunakan teknologi baru.
  5. Setiap tim developer dapat mengembangkan setiap services=-nya tanpa ada mengganggu services yang lain.

Kekurangan Microservice

Selain memiliki banyak kelebihan, tentu microservice juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:

  1. Ketika satu entity pada database berubah maka setiap entity yang sama di setiap database service harus diubah
  2. Untuk beberapa kasus , sulit untuk menerapkan perubahan services, maka dari itu diperlukan perancangan yang matang.
  3. Deployment yang kompleks, perlu konfigurasi untuk menjalankan setiap services karena memiliki runtime yang berbeda, tidak seperti aplikasi monolitik yang memiliki sistem tinggal upload , deploy dan beres.
  4. Perlu automation yang tinggi dalam melakukan deployment.

Mengapa Microservices Penting

Yap, mungkin kita masih bingung mengapa microservice ini jadi penting. Yuk simak lagi penjelasan yang ada di bawah ini!

Pengertian Microservices

  • Tim dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan

Perusahaan yang menggunakan arsitektur microservices dapat dengan cepat mengirimkan kapabilitas ketika pelanggan membutuhkan.

  • Ada throughput tim software yang lebih besar

Microservices dibangun di atas prinsip-prinsip Agile dan DevOps, yang membantu tim-tim software untuk berjalan secara paralel sementara iterasi secara cepat pada kemampuan diskrit.

  • Organisasi meningkatkan skalabilitas dan keandalan sistem

Arsitektur microservices yang sukses terus berjalan. Hal ini sangat bergantung pada otomatisasi yang dapat diulang, mendukung skala layanan, dan menggunakan pola yang dirancang untuk menjaga sistem tetap berjalan bahkan ketika komponen individual gagal.

Hal Penting Dalam Membangun Microservices

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus kita ketahui dalam membangun microservices:

  • Mulai Dengan Monolitchic
Microservices memang akan menambah overhead dan membuat beberapa hal menjadi lebih kompleks untuk dikelola. Untuk alasan ini, akan jauh lebih murah jika proyek-proyek baru untuk menyimpan semua kode dan logika dalam “codebase” tunggal karena akan lebih mudah untuk memindahkan batas dari berbagai modul aplikasi kita.

Microservices bekerja dengan baik ketika kita memiliki pemahaman yang baik tentang peran berbagai layanan yang dibutuhkan oleh sistem yang kita miliki. Microservices akan jauh lebih sulit untuk ditangani jika persyaratan inti suatu aplikasi belum terpenuhi.

Cobalah sebisa mungkin untuk memiliki modul yang jelas sehingga kita dapat mengekstraknya nanti dari monolith. Kita juga dapat memulai dengan memisahkan logika dari UI web dan memastikan bahwa logika itu berinteraksi dengan backend melalui RESTful API via HTTP.

Hal ini akan membuat transisi ke layanan microservices lebih mudah nantinya ketika kita mulai memindahkan beberapa resources API ke layanan yang berbeda.

  • Atur Tim Dengan Tepat
Sampai sekarang sepertinya membangun microservices sebagian besar adalah urusan teknis. Kita harus memecah “codebase” dalam beberapa layanan, menerapkan pola yang tepat ketika terjadi “fail” dan recover dari masalah network, menangani masalah konsistensi data dll.

Akan ada banyak konsep baru untuk dipahami tetapi satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah bahwa kita harus merestrukturisasi cara mengorganisasi tim.

Pengertian Microservices

Kita harus membuat tim yang lebih kecil namun memiliki semua kompetensi yang diperlukan untuk mengembangkan dan mempertahankan layanannya, contohnya dengan satu team untuk satu layanan. Dengan cara ini, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan.

Pertama-tama developer kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dampak dari kode mereka dalam produksi, hal ini akan membantu memproduksi rilis yang lebih baik dan mengurangi risiko bagi pelanggan yang kita miliki.

Yang kedua, deplyoment yang kita lakukan akan menjadi kebiasaan untuk setiap tim karena mereka akan bekerja sama dalam melakukan perbaikan terhadap kode maupun dalam proses otomatisasi “deployment pipeline”. 

  • Pisahkan Monolithic Untuk Membangun Arsitektur Microservices

Ketika kita telah mengidentifikasi batas-batas layanan yang kita miliki dan ketika kita sudah tahu bagaimana kita dapat mengubah tim kita menjadi lebih vertikal dalam hal kompetensi, kita dapat mulai membagi monolithic untuk membangun microservices. Berikut beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan bagi kita:

1. Buat komunikasi antara layanan dengan lebih sederhana dengan menggunakan RESTful API

Jika kita sudah menggunakan RESTful API, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengadopsinya dalam sistem. Seperti yang pernah dijelaskan oleh Martin Fowler “smart endpoint and dumb pipes” yang artinya bahwa protokol komunikasi antara layanan haruslah dibuat sesederhana mungkin, hanya bertugas mentransmisikan data tanpa mengubahnya.

2. Bagilah struktur data 

Dalam monolithic sudah lumrah dalam menggunakan single database untuk berbagai macam keperluan. Namun dengan layanan microservices,  layanan dipisahkan, sehingga sebagai contoh, “invoices” masih dapat diakses bahkan jika sistem pemesanan mengalami “down”. Ini berarti bahwa setiap layanan akhirnya memiliki datastore sendiri untuk mempertahankan data yang dibutuhkan.

3. Bangun arsitektur microservices yang siap untuk menghadapi “failure”

Arsitektur microservices memang akan membuat proses “developing & maintaining” suatu bisnis menjadi lebih mudah. Namun semuanya menjadi lebih rumit ketika kita melihat layanan secara keseluruhan dan bagaimana setiap layanan tersebut berinteraksi secara menyeluruh.

Sistem yang kita miliki sekarang didistribusikan dengan “multiple points of failure” dan kita  harus bisa memenuhi hal itu. Proses pemulihan dari “failure” juga bisa menjadi rumit karena kita perlu memastikan bahwa layanan yang telah pulih dan berjalan tidak dibanjiri oleh pesan yang terpending. Jadi pastikan bahwa desain kita dibangun untuk mengantisipasi “failure” sejak awal.

https://gaptex.id/glossary/pengertian-microservices/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peranan Aplikasi Dan Peranan TIK Di Berbagai Bidang

Etika Penggunaan Teknologi Informasi & Komunikasi